Home / Pendidikan / Tingkatkan Minat Baca Mahasiswa, IISBUD dan Dispussip Jalin Kerjasama

Tingkatkan Minat Baca Mahasiswa, IISBUD dan Dispussip Jalin Kerjasama

SUMBAWA BESAR, SR (14/2/2019)

Institut Ilmu Sosial dan Budaya Samawa Rea (IISBUD Sarea) membangun kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) Kabupaten Sumbawa. “Kerjasama dengan berbagai dinas Perlu segera kami bangun, salah satunya Dispussip yang sangat berhubungan dengan kami terutama terkait peningkatan minat baca mahasiswa maupun dengan bidang kearsipan,” jelas Miftahul Arzak, S.Ikom., MA selaku Rektor IISBUD Sarea.

Mifta—sapaan akademisi muda ini menjelaskan bahwa saat ini koleksi buku di kampus masih sangat minim. Dengan adanya bantuan 800 buku dan 150 buku pinjam pakai dari Dispussip akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan minat baca mahasiswa. Selain itu, kerjasama dengan Dispussip adalah yang pertama di bidang kebudayaan, dan kesejarahan bisa dibangun pada masa mendatang.

Sementara  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa, Ir. Ibrahim, M.Si menjelaskan bahwa kerjasama ini sangat bermanfaat bagi dua sisi. Pemberian buku kepada lembaga pendidikan akan mulai digalangkan sejak ia dilantik beberapa minggu lalu.

Ir. Ibrahim, M.Si juga menjelaskan bahwa saat ini Dispussip memberikan bantuan 800 buku Sejarah dan Budaya Sumbawa kepada IISBUD karena di kampus tersebut memiliki Prodi Sejarah dan Seni Budaya sehingga mahasiswa memerlukan literatur untuk mempermudah proses belajar mengajar. Selain itu ada 100 buku dengan judul dan tema-tema yang berbeda dipinjamkan, istilahnya adalah Buku Pinjam Pakai. Program ini berlaku untuk semua lembaga yang menginginkan buku di tempatnya. Dalam Waktu 3 bulan buku akan diambil dan diganti dengan judul dan tema yang berbeda, sehingga buku tersebut dapat bermanfaat untuk semua.

Pemberiaan beberapa buku tersebut disambut baik oleh IISBUD. Sebab 18-20 Februari 2019 ini akan ada visitasi Prodi Ilmu Pemerintahan dan tanggal 28-30 Februari 2019 akan ada visitasi Prodi Sosiologi di IISBUD Sarea. Salah satu elemen yang akan dinilai pun adalah jumlah buku dan hidupnya perpustakaan kampus. Harapan kerjasama di awal ini akan berbuah manis, sehingga dorongan-dorongan dinas lain pun dapat bersinergi dengan IISBUD Sarea. Terutama di IISBUD Sarea memiliki beberapa program studi keilmuan yang berbeda dengan kampus lainnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di IISBUD Sarea memiliki berbagai Prodi, di antaranya Sastra Indonesia, Sejarah, Seni Musik dan Seni Tari di Fakultas Ilmu Budaya. Ilmu Pemerintahan dan Sosiologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Hukum dengan Prodi Ilmu Hukum. (SR)

Lihat Juga

127 Pelajar Berlaga di O2SN SMP/MTs Tingkat Kabupaten

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS DIKBUD KABUPATEN SUMBAWA SUMBAWA BESAR, SR (8/4/2019) Olimpiade Olahraga Siswa Nasional ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *