Home / MATARAM / Mau Kuliah ke Luar Negeri ? Pemprov NTB Siapkan Rumah Bahasa
salah satu ruang perkuliahan di Metropolitni Univerzita Praha, Eropa

Mau Kuliah ke Luar Negeri ? Pemprov NTB Siapkan Rumah Bahasa

Gelar Kursus Bahasa Inggris Gratis di Semua Kabupaten/Kota di NTB

MATARAM, SR (13/2/2019)

Bagi yang mau kuliah ke luar negeri tapi kemampuan bahasa asing pas-pasan, Pemprov NTB membuka Rumah Bahasa di semua kabupaten/kota. Setiap warga bisa kursus Bahasa Inggris gratis. Bagi warga yang berminat, bisa mendaftar secara online. Pendaftaran tahap pertama dibuka mulai 12 Februari hingga 10 Maret mendatang. Warga memiliki dua pilihan jenis kursus yakni kelas intensif selama tiga bulan, dan semi intensif selama enam bulan.

Ketua Divisi Kerjasama Tim Beasiswa NTB, Imanuella Andilolo menjelaskan, kelas intensif belajar empat jam sehari dari pagi hingga siang. Sementara semi intensif dibuka kelas sore selama dua jam. Ima—sapaan karibnya menjelaskan, kursus tersebut dibuka dengan harapan warga NTB bisa menyiapkan diri untuk kuliah ke luar negeri. “Rumah Bahasa ini dibuka di semua daerah di NTB untuk memfasilitasi mereka yang serius ingin menuntut ilmu di luar negeri. Kami imbau mereka daftar tidak setengah-setengah, harus benar-benar serius,” ujarnya.

Imanuela Andilolo

Kursus Bahasa Inggris tersebut bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB. Sehingga lokasi yang akan digunakan nanti adalah ruang kelas di beberapa SMA/SMK yang memiliki fasilitas memadai untuk study. “Untuk saat ini titik-titiknya belum kami pastikan, tergantung nanti berapa yang tertarik,” katanya.

Rumah Bahasa di tiap daerah ada satu tetapi kelasnya bisa lebih dari satu. Maksimal dalam satu kelas dibatasi 20 orang. Untuk tahap pertama akan dicari peserta minimal 500 orang. Tapi para peserta yang daftar akan diseleksi dan dicari yang terbaik. “Ada beberapa tahapan tes,” sebutnya.

Selain kemampuan bahasa dasar. Syarat yang paling penting adalah komitmen. Mereka yang belajar harus benar-benar memiliki kesungguhan untuk mengikuti dari awal sampai akhir. “Jangan sekedar daftar aji mumpung gratis terus di tengah jalan ada kesibukan lain,” tukasnya.

Sementara Ketua Tim Beasiswa NTB Irwan Rahadi menambahkan, persyaratan adalah putra/putri NTB yang tinggal di NTB. Memiliki semangat belajar tinggi dan komitmen menyelesaikan kursus sampai akhir. Selain itu lulus placement test, pendidikan terakhir minimal SMA, serta bersedia kuliah di luar negeri. (SR)

Lihat Juga

Wujudkan Efisiensi dan Efektivitas Anggaran, KOMPAK Gelar Lokakarya

SUMBAWA BESAR, SR (21/8/2019) Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) mengadakan kegiatan Lokakarya Metodologi Kajian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *