Home / Pemerintahan / Pemda Sumbawa Siapkan Gaji PPPK Setara dengan PNS Golongan 3

Pemda Sumbawa Siapkan Gaji PPPK Setara dengan PNS Golongan 3

SUMBAWA BESAR, SR (13/2/2019)

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa menemukan solusi dalam mengatasi kekurangan guru dan tenaga kesehatan di Kabupaten Sumbawa. Di antaranya  mendukung kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian PAN-RB untuk merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Tahun 2019 ini. Karena itu Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu dari tiga kabupaten/kota di NTB yang sanggup menyediakan anggaran untuk menggaji PPPK.

Kepala BPKAD Kabupaten Sumbawa, Wirawan Ahmad S.Si MT yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/2) memastikan anggaran untuk membiayai gaji dan operasional perekrutan pengadaan PPPK telah tersedia. Hal ini sebagai respon Bupati terhadap surat edaran Kementerian PAN—RB tertanggal 4 Februari 2019 tentang pengadaan PPPK Tahap I. Sikap Bupati Sumbawa ini sangat relevan dengan permasalahan yang dihadapi daerah selama ini terkait dengan kekurangan guru dan tenaga kesehatan. Selain itu perekrutan PPPK bersinergi dengan dokumen perencanaan pembangunan daerah baik Pembangunan Jangka Panjang maupun Pembangunan Jangka Menengah yang konsen terhadap pengembangan kualitas sumber daya manusia, pendidikan, dan kesehatan. Untuk mewujudkannya diperlukan dukungan dari guru dan tenaga medis. “Saat menerima surat edaran itu, Sumbawa langsung menyatakan kesanggupan untuk menyediakan anggaran bagi PPPK yang akan direkrut,” kata Wirawan.

Kesanggupan ini ungkap Wirawan, setelah pihaknya melakukan elaborasi secara mendalam terhadap APBD 2019 dan menemukan celah fiskal. “Anggarannya bersumber dari revisi anggaran APBD 2019 melalui mekanisme pergeseran. Pergeseran ini tidak mengganggu program lain dan akan disediakan sesuai aturan yang berlaku,” jelas birokrat muda ini.

Dengan anggaran yang tersedia, lanjut Wirawan, Pemda Sumbawa dapat merekrut 200 sampai 293 orang PPPK. Jumlah pastinya nanti tergantung skema penggajian mereka. Intinya gaji PPPK setara dengan gaji PNS golongan 3. Selain gaji pokok, PPPK juga menerima tunjangan. “Untuk realisasi dan pelaksanaan perekrutan PPPK, kita masih menunggu ketentuan dan pedoman mengenai pembayaran gaji PPPK. Segala sesuatu yang berkaitan dengan jadwal rekrutmen dan standar penggajiannya merupakan kebijakan pemerintah pusat, kita hanya mendukung lewat APBD,” pungkasnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

Gubernur Melepas 4000 Peserta Pencinta Alam di GTA Langko 2019

LOMBOK BARAT, SR (18/8/2019) Sekitar empat ribu kaum muda pecinta alam mengikuti Green Tracking Adventure ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *