Home / Pendidikan / Selamat ! Guru SMKN 3 Sumbawa Terpilih Belajar ke Luar Negeri
Nasrullah Darwis S.Pd M.Pd. Guru SMK Negeri 3 Sumbawa

Selamat ! Guru SMKN 3 Sumbawa Terpilih Belajar ke Luar Negeri

SUMBAWA BESAR, SR (10/2/2019)

Bisa keluar negeri adalah kebanggaan bagi setiap orang. Apalagi jika itu karena prestasi. Inilah yang dirasakan Nasrullah Darwis S.Pd M.Pd. Guru SMK Negeri 3 Sumbawa ini terpilih menjadi salah satu peserta Program Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan ke Luar Negeri Tahun 2019 yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. “Jujur, secara pribadi saya tidak menyangka bisa lulus seleksi dalam program pengiriman guru ke luar negeri ini. Dapat lolos mengikuti pelatihan ke luar negeri ini merupakan bonus bagi saya,” ucap Nasrullah Darwis.

Pelatihan ini ungkap Nasrullah Darwis, khusus menyasar guru yang aktif dan tercatat pada kegiatan lomba menulis skala nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan. Sejak tahun 2016 lalu, Ia telah aktif mengikuti lomba di Direktorat Guru, salah satunya sebagai Finalist Lomba Inovasi pembelajaran (INOBEL), Pelatihan Instruktur Nasional, hingga tahun 2018 tercatat sebagai Finalist Guru Berprestasi jenjang SMK.

Kegiatan pelatihan luar negeri bukan yang pertama baginya. Sebelumya, pernah mengikuti kegiatan pelatihan ke luar negeri yakni Short Course on “Leading School in the 21st Century” conducted by the National Institue of Education Nanyang Technological University Singapore tahun 2014. Khusus pelatihan ke luar negeri ini, nantinya Nasrullah Darwis, akan belajar ke The University of Queensland Australia, selama empat minggu.

Sebelum terpilih, panitia seleksi dari Dirjen Guru dan Tenaga kependidikan melalui Satgas Pengiriman Guru Keluarga Negeri mengidentifikasi keaktifan Guru pemenang/finalist lomba-lomba, atau pelatihan skala nasional yang diselenggarakan oleh kementerian dari tahun 2016 sampai 2018. Calon Peserta pelatihan dihubungi via telpon untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris (wawancara Bahasa Inggris) keaktifan sebagai guru dalam lomba/pelatihan, ditanyakan Score TOEFL ITP yang telah diperoleh, serta motivasi mengikuti pelatihan. Di akhir wawancara calon diminta membuat essay dalam Bahasa Inggris minimal 2.500 kata seputar apa yang telah diwawancarai.

Sementara itu, Kepala SMKN 3 Sumbawa, Jayadi S.Pd, M.Pd, mengaku bangga atas kinerja yang dicapai salah satu gurunya ini. Ia berharap ke depan makin banyak guru-guru di sekolahnya yang berkiprah di kancah international, sehingga makin banyak melahirkan orang-orang hebat. Sebagai kepala sekolah, Jayadi tentunya menyampaikan apresiasi atas capaian yang diraih baik oleh guru maupun siswanya. Apalagi sejak tahun 2018 lalu, sekolah ini memang tidak pernah sepi dengan prestasi. Masih segar ingatan beberapa capaian pretasi yang diraih di antaranya, Finaslist 10 Besar Asia Tenggara Lomba Karya Inovasi Seameo REFCON, Finalist Olimpiade Guru Nasional (Bahasa Inggris), Finaslist Guru Berprestasi Nasional, meraih predikat Mayoret Terbaik I pada Lomba Marching Band se NTB, Peringkat I Lomba Best Practice Standar Pelayanan Minimal (SPM) se NTB dan masih banyak lagi. (SR)

 

Lihat Juga

Inilah ASN Juara STQ Korpri Tingkat Kabupaten Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (17/7/2019) Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kabupaten Sumbawa yang digelar sejak 16 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *