Home / HukumKriminal / Minimalisir Kenakalan Remaja, Satbinmas Polres Sumbawa Sambangi Sekolah

Minimalisir Kenakalan Remaja, Satbinmas Polres Sumbawa Sambangi Sekolah

SUMBAWA BESAR, SR (11/2/2019)

Tindak kriminalitas yang marak belakangan ini sebagiannya dilakukan kalangan pelajar. Kondisi ini merupakan suatu fenomena yang membuat hati miris. Para pelajar yang masih tergolong anak di bawah umur tersebut telah berani melakukan tindakan yang sangat tidak terpuji dan melanggar hukum. Karena itu untuk menekan angka kriminalitas di kalangan remaja atau pelajar, polisi giat melakukan penyuluhan ke sekolah-sekolah. Seperti yang dilakukan Satuan Binmas Polres Sumbawa di SMP Negeri 2 Sumbawa Besar, Senin (11/2). Di sekolah ini, Kasat Binmas AKP Djoko R.S Gatot didaulat menjadi Pembina upacara. Ikut mendampingi KBO Sat Binmas IPDA Abdul Muis, AIPTU I Wayan Suardika dan Bripda Amani Haromi. Hadir dalam kesempatan itu Kepala SMPN 2 Sumbawa, M. Sidik S.Pd.

Dalam arahannya, Kasat Binmas Djoko Gatot mengupas tentang bahaya narkoba dan kenakalan remaja. Menurutnya kenakalan remaja menjadi bibit munculnya tindak kriminalitas. Dari kenakalan ini, remaja banyak yang menjadi pelaku kejahatan. Tidak mengherankan jika kalangan remaja rentan dengan jeratan narkoba. Karenanya penyalahgunaan narkoba kian hari terus meningkat tajam. Untuk itu menjadi tugas bersama dalam memeranginya. Sebab selain berbahaya dari sisi kesehatan, penyalahgunaan narkoba ini berisiko hukum. “Narkoba menyebabkan ketergantungan dan dinyatakan sebagai bahan yang berbahaya untuk dikonsumsi,” jelas Kasat Gatot.

Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk mencegah agar tidak melakukan penyalahgunaan narkoba terutama di kalangan remaja dan pelajar. Di antaranya menurut AKP Djoko Gatot, mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, mengenali diri dan mengembangkan daya, minat, bakat, dan hoby. Kemudian menolak dengan tegas ajakan teman untuk menyalahgunakan narkoba dan perbuatan lainnya yang melanggar agama, hukum, atau moral. “Segala penyimpangan yang terjadi ini sebenarnya diakibatkan oleh beberapa faktor, yakni faktor internal dalam keluarga, faktor dari sekolahnya sendiri yang kurang kondusif, serta faktor dari masyarakat dan lingkungan sosialnya. Untuk itu peranan orang tua dan lingkungan sekitar harus memberikan contoh-contoh yang baik sehingga kepribadian yang terbentuk akan baik pula,” jelasnya.

Sementara Kepala SMPN 2 Sumbawa, M. Sidik S.Pd menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Sumbawa atas kunjungan Sat Binmas dalam rangka mendukung program dan proses belajar guna membina para pelajar untuk tidak terjerumus pada tindak criminal sehingga program belajar tercapai secara maksimal. Ia berharap agar kegiatan sangat positif tersebut tetap dilaksanakan minimal sebulan sekali guna memberikan bimbingan kepada para siswanya. (JEN/SR)

Lihat Juga

Boris: Pentingnya Infrastruktur Telekomunikasi Dalam Era Digitalisasi

Dalam Seminar “Fiber Optik untuk Kemajuan Telekomunikasi Indonesia” SUMBAWA BESAR, SR (20/8/2019) Presiden Direktur & ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *