Home / HukumKriminal / Tangkap Dukun Penggandaan Uang, Polisi Sita Bata dan Emas Imitasi

Tangkap Dukun Penggandaan Uang, Polisi Sita Bata dan Emas Imitasi

SUMBAWA BARAT SR (10/2/2019)

Polres Kabupaten Sumbawa Barat mengamankan terduga pelaku penipuan dengan modus penggandaan uang dan penglaris dagangan. Kapolres KSB, AKBP Mustofa SIK,. MH dalam keterangan persnya mengakui hal itu. Terduga yang diamankan ini berinisial AP (40) warga Desa Tepas Kecamatan Brang Rea. Diamankannya terduga ini berdasarkan laporan korban Lisniawati (42) warga Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang yang mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 43 juta.

Kronologis kejadian berawal dari korban mengeluh kepada terduga mengenai anaknnya yang tak kunjung menyelesaikan kuliahnya. Korban mengaku kewalahan membayar biaya kuliah anaknya tersebut. Mendengar curhatan korban, terduga langsung menawarkan solusi. Kepada korban, terduga mengaku bisa menggandakan uang dan memperlancar anaknya kuliah dan cepat lulus. Selain menggandakan uang, terduga yang mengetahui pekerjaan korban sebagai pedagang, juga menawarkan penglaris agar dagangan korban laris manis. Untuk memenuhi semua itu, terduga mematok syarat yakni korban harus memberikan mahar. Tawaran itu menurut Kapolres, membuat korban tergiur dan menyanggupinya. Terduga mulai melancarkan aksinya dan ini berlangsung selama dua bulan. Sejak itu terduga meminta uang mahar setiap harinya mulai dari Rp 100 ribu hingga 1 juta sehingga totalnya mencapai Rp 43 juta. “Korban dijanjikan uangnya dilipatgandakan bahkan akan diberikan bongkahan emas,” ungkap Kapolres.

Untuk meyakinkan korban, terduga meminta koper untuk mengisi bongkahan emas dan uang yang sudah digandakan. Setelah diberikan koper, terduga membungkus batu bata dengan mukenah yang tidak di ketahui oleh korban dan dimasukkan ke dalam koper secara diam-diam. Selain itu terduga juga memasukkan emas imitasi. Terduga meminta korban untuk tidak membuka koper tersebut selama dua bulan. Karena tidak sabar, waktu baru berjalan tiga minggu korban membuka koper tersebut. Betapa terkejutnya korban karena yang dilihat isinya batu bata dan emas imitasi. Di dalam koper itu juga ditemukan abu gosok. Merasa telah ditipu, korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Taliwang. Dalam waktu singkat, terduga berhasil diamankan.

Kepada penyidik kepolisian, terduga mengaku terpaksa melakukan penipuan karena terhimpit kebutuhan ekonomi. Terhadap perbuatannya, AP telah ditetapkan sebagai tersangka dan terancam hukuman maksimal 2,8 tahun penjara. (HEN/SR)

 

Lihat Juga

Kebakaran di Seteluk, 11 Rumah Terbakar 1 Orang Tewas Terpanggang

SUMBAWA BARAT, SR (19/7/2019) Kebakaran hebat terjadi di Desa Seteluk, Kecamatan Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *