Home / Kesehatan / Puskesmas Brang Biji Juara Lomba Dance Kreasi Cuci Tangan

Puskesmas Brang Biji Juara Lomba Dance Kreasi Cuci Tangan

SUMBAWA BESAR, SR (18/1/2019)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumbawa menggelar Lomba Dance Kreasi Cuci Tangan Tingkat Kabupaten Sumbawa dalam rangka memperingati HUT ke-60 Kabupaten Sumbawa, Jum’at (18/1/2019) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa. Acara tersebut dihadiri Bupati Sumbawa, Asisten Pemerintahan dan kesrta Sekda Kab. Sumbawa, Pimpinan OPD, para Kabag, dan seluruh lapisan masyarakat.

Bupati Sumbawa HM. Husni Djibril, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan bahwa membiasakan cuci tangan pakai sabun (CPTS) atau deterjen cair sudah terbukti dapat mencegah penyebaran penyakit cacingan, serta mampu menurunkan kasus Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan flu burung hingga 50 persen. “Karena itu, biasakan cuci tangan pakai sabun pada waktu-waktu penting, yaitu sebelum makan, sebelum memegang/mengolah/menyiapkan makanan, setelah buang air besar, setelah menceboki anak, serta setelah kontak dengan hewan dan tanah. Selain itu hendaknya membiasakan menggunting atau membersihkan kuku secara teratur,” ucap Bupati.

Disampaikan Bupati, langkah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan berkualitas, dapat dimulai dari hal-hal sederhana di lingkungan rumah tangga, misalnya edukasi pada anak dan keluarga tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan, peduli akan kondisi lingkungan sekitar dengan melakukan penghijauan di sekitar rumah, menjaga kebersihan diri pribadi yang dimulai dengan membiasakan CTPS, dan mengajak anak-anak untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun sejak usia dini.

Dalam acara tersebut, Direktur RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri mempraktekkan 6 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO yaitu dengan menuangkan handrup pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar, usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian, gosok sela-sela jari tangan hingga bersih, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian, kemudian meletakkan ujung ke telapak tangan atau menguncup kemudian gosok perlahan, masing-masing sebanyak 4 kali. “Kami harap seluruh lapisan masyarakat dapat mensosialisasikan CTPS di tempat tinggalnya masing-masing,” pintanya.

Sekretaris Daerah didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda dan Direktur RSUD, memberikan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan kepada para pemenang. Adapun pemenang pada Lomba Dance Kreasi Cuci Tangan berhasil diraih Puskesmas Brang Biji, juara 2 diraih Puskesmas Badas, dan juara 3 diraih Kader Posyandu Moyo Utara. Sementara untuk juara untuk cuci tangan terbaik berhasil diraih Kader Posyandu Olat Ojong Desa Kerekeh, Juara Favorit diraih Sumbawa Dance Crew, dan juara kreatifitas diraih perwakilan guru-guru TK. Meski berlangsung di bawah guyuran hujan, namun lomba tetap berlangsung meriah dan semarak karena Direktur RSUD memberikan doorprice kepada 3 orang peserta yang berhasil menjawab pertanyaan terkait CTPS dengan benar. (SR)

Lihat Juga

Percepat Pelayanan, RSUD Asy-Syifa Tambah Dua Dokter Spesialis

SUMBAWA BARAT, SR (26/3/2019) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Assyifa Kabupaten Sumbawa Barat kembali menambah ...