Home / Ekonomi / Wartawan SAMAWAREA Juara Lomba Karya Jurnalistik Nasional

Wartawan SAMAWAREA Juara Lomba Karya Jurnalistik Nasional

BANDUNG, SR (20/1/2019)

Zainuddin Jen—wartawan media online SAMAWAREA berhasil menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Karya Jurnalistik “Mining for Life” yang digelar Indonesia Mining Association (IMA). Kepastian tersebut diumumkan pada event Mining for Life (Tambang untuk Kehidupan) di Bandung, 19 Januari 2019. Saat pengumuman di malam puncak Mining for Life, Jen berhasil menempati posisi kedua nasional untuk kategori berita media online, setelah Dame Ambarita dari SumutPos.co. Berada di urutan ketiga Cahya Mulyana dari Media Indonesia, Egenius Soda dari Tambang co.id di urutan keempat. Urutan kelima dan keenam adalah Cahyo Prayogo (Warta Ekonomi) dan Sri Dhani (RRI).

Bersama Jen dari NTB adalah Ahmad Bulkaini—wartawan Suara NTB. Bulkaini meraih juara pertama nasional untuk kategori media cetak. Juara kedua Intan Pratiwi (Republika), Juara III Tri Subkhi Rakhmatullah (Coal Asia), Juara IV Haryudi (Koran Sindo), Juara V Arif Koes Hernawan (Gatra) dan Juara VI atau Harapan III, Sepuddin Zuhri (Bisnis Indonesia).

Selain Jen dan Bulkaini, wartawan NTB lainnya yang naik panggung adalah Ahmad Subaidi (Antara News). Subaidi meraih juara Harapan III untuk kategori Lomba Foto. Juara I pada Lomba Foto ini diraih Frasiskus Pati Herin (Kompas), Juara II Demitrius Wisnu Widiantoro (Kompas), juara III Khairizal Anwar (Rakyat Merdeka), Juara IV Ikhsan Dwi Nur Satrio (Lampung Post), dan Juara V Heri Sri Kumoro (Kompas).

Jen dan Bulkaini saat diajak Selfi oleh Presiden Direktur PT AMNT, Rahmat Makasau usai turun panggung menerima penghargaan sebagai juara Lomba Karya Jurnalistik Nasional bertema Mining for Life di Bandung, 19 Januari 2019

Anita Avianty selaku Ketua Komite Public Relations Indonesian Mining Association (IMA) menyebutkan Lomba Karya Jurnalistik bertemakan “Tambang untuk Kehidupan” merupakan hasil kolaborasi Indonesia Mining Association (Asosiasi Pertambangan Indonesia) beserta seluruh perusahaan anggotanya dengan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI), Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Museum Geologi Bandung dan Perhimpunan Mahasiswa Pertambangan Indonesia (PERMATA Indonesia). Lomba ini sebagai wujud apresiasi kepada insan pers dan pekerja jurnalistik dalam menyosialisasikan kontribusi industri tambang dalam membangun Indonesia. Pada lomba berskala nasional yang mengikutsertakan wartawan media online dan media cetak dari seluruh Indonesia ini panitia penyelenggara menyediakan piagam penghargaan dan uang pembinaan untuk pemenang di masing-masing kategori. Juara I Rp 12,5 juta, Juara II Rp 7,5 juta, Juara III 5 juta, Juara Harapan I Rp 4 juta, Juara Harapan II Rp 3 juta dan Harapan III Rp 2 juta. Totalnya Rp 102 juta. “IMA untuk pertama kalinya juga menyelenggarakan Lomba Karya Jurnalistik dengan tema Mining for Life (Tambang untuk Kehidupan) sebagai upaya mengapresiasi rekan media yang selama ini telah memberikan pemahaman yang komprehensif ke public mengenai peran tambang dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Pada hari ini kami mengundang 18 orang jurnalis dari berbagai wilayah di Indonesia yang menjadi pemenang dari tiga kategori utama pada Lomba Karya Jurnalistik IMA yaitu berita media cetak, berita media online dan berita foto. Pemenangnya datang dari berbagai daerah di Indonesia,” demikian Anita. (TIM SR)

Lihat Juga

Wabup Apresiasi Kinerja Dinas Pariwisata KSB

SUMBAWA BARAT, SR (12/4/2019) Bertempat di ballroom Tambora Hotel Grand Royal Taliwang, Wakil Bupati Sumbawa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *