Home / Pemerintahan / Hasil Evaluasi Smart City Kabupaten Sumbawa Memuaskan

Hasil Evaluasi Smart City Kabupaten Sumbawa Memuaskan

SUMBAWA BESAR, SR (14/1/2019)

Hasil evaluasi dan penilaian Master Plan dan Quick Win Smart City Kabupaten Sumbawa telah diterima oleh Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa, 9 Januari lalu. Sebelumnya Kabupaten Sumbawa telah mengikuti Penilaian, Evaluasi Masterplan Smart City dan Awarding sebagai bagian dari 50 Kabupaten/Kota terpilih dalam Program Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia 2018 di ICE BSD Tangerang. “Alhamdulillah, Master Plan dan Quick Win Smart City Kabupaten Sumbawa memperoleh penilaian yang memuaskan dari para panelis,” ungkap Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa Ir. H. Ibrahim M.Si, Senin (14/1).

Hasil penilaian dimaksud sebut H Ibrahim, berada pada rata-rata 3,07 dari 4 dimensi penilaian. Pada dimensi Kelengkapan yang merupakan isi Master Plan yang disusun berdasarkan Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada Buku Panduan Penyusunan Masterplan Smart City meraih poin 3,17, sedangkan pada dimensi Kesesuaian yang merupakan pilar indikator Smart City dengan nilai 3,00. Untuk Kejelasan dan Kerincian yang merupakan kerincian road map dan kerangka inovasi daerah pada Program Quick Win yang berfokus pada ketersediaan pentahapan jangka pendek, menengah dan panjang dan harmonisasi dengan perencanaan pembangunan daerah, serta daya tarik inovasi, manfaat inovasi, keunikan dan kreativitas, peluang kemitraan, pengembangan lebih lanjut, strategi menjaga keberlangsungan, sumber daya yang digunakan tersedia dan analisa resiko memperoleh nilai 2,93. Dan dimensi Kesimbangan yang merupakan kesuaian antara kegiatan smart city termasuk inovasi pada program quick win dengan kondisi dan kebutuhan daerah serta kesinambungan kinerja pada setiap pilar smart city mendapat nilai 3,18. “Ini semua berkat upaya kita bersama yang selalu berupaya maksimal mengikhtiarkan agar Kabupaten Sumbawa masuk dalam jajaran gerakan menuju 100 smart city Indonesia, termasuk dukungan yang sangat kuat dari Bupati dan Wakil Bupati,” tambah H. Ibrahim.

Dengan rata-rata 3,07 hasil penilaian Masterplan Smart City, Kabupaten Sumbawa berada pada urutan ke-15 dari 50 Kabupoaten/Kota yang dinilai. “Terima kasih atas kerja keras Tim Penyusun Masterplan Smart City dan jajaran Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Sumbawa yang telah menghadirkan SiJINAK (Sistem Jaringan Informasi Peternakan) sebagai quick win smart city Sumbawa,” pungkasnya. (SR)

Lihat Juga

Sekitar 5,1 Triliun Dana Rehab Rekon NTB Sudah Ditransfer

MATARAM, SR (22/3/2019) Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc bersama Wakil Gubernur NTB, Dr. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *