Home / Ekonomi / Hijaukan Jalan Samota, PTAMNT Tanam Ratusan Pohon

Hijaukan Jalan Samota, PTAMNT Tanam Ratusan Pohon

SUMBAWA BESAR, SR (13/1/2019)

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) bersama mitra dari PT Selatan Maju Bersama (SMB) dan Lembaga Maju Bersama (LMB) ikut ambil bagian dalam Aksi Gotong Royong Serentak 60 Menit se-Kabupaten Sumbawa yang digelar Pemda Sumbawa dalam rangka HUT Kabupaten ke-60, Minggu (13/1).  Dalam kegiatan tersebut, PT Amman bersama mitra melakukan penanaman ratusan pohon di sekitar Jalan Samota dalam upaya menciptakan suasana asri. Kegiatan ini melibatkan beberapa kepala sekolah, puluhan anggota Pramuka Sumbawa, dan beberapa organisasi pemuda.

General Supervisor External Relationship PTAMNT, Zulkarnaen Quen mengungkapkan, penghijauan ini merupakan salah satu program lanjutan dari tahun 2016, dari beberapa program yang dicanangkan di Kabupaten Sumbawa. “Banyak program lain yang dilaksanakan PT Amman di daerah ini. Seperti bidang olahraga, sosial budaya, keagamaan dan lainnya. Jadi kami tetap konsisten untuk setiap tahun melaksanakan kegiatan. Untuk penghijauan ini sudah berjalan sekitar empat tahun,’’ terangnya.

Ke depan pihaknya akan terus meningkatkan kualitas dari program penghijauan yang dijalankan baik dari segi jumlah bibit, maupun cakupan lokasi yang akan dihijaukan. Apalagi di beberapa titik yang sudah pernah dilakukan penanaman pohon, hasilnya sudah terlihat sangat bagus, salah satunya di Taman Kerato. ‘’Kami akan berusaha tingkatkan kualitas. Karena penghijauan ini salah satu komitmen kami (AMNT) yang sangat peduli dengan lingkungan,’’ ungkapnya.

Ia berharap kepada semua pihak terutama instansi terkait di Pemda Sumbawa yang mengurus pertamanan agar bersama-sama merawat tanaman yang sudah ditanam sehingga tumbuh dengan baik, dan Sumbawa akan semakin asri. Begitu pula kepada masyarakat diharapkan peran sertanya untuk dapat menjaga tumbuh kembangnya tanaman tersebut. ‘’Tentu kami tidak bisa sepanjang masa mengawasi dan merawat tanaman ini. Perlu peran pihak lain untuk menjaga dan merawatnya,” pinta Quen.

Sementara Koordinator Program SMB/LMB, Ahmad Wahyu Hidayat mengungkapkan, sebanyak 200 bibit pohon seperti sonokling, johar, dan angsana yang ditanam di tepi Jalan Samota. Sebelumnya pada 7 Januari lalu juga sudah dilaksanakan kegiatan serupa di Puskesmas Moyo Hulu, selain sonokling, dan johar, juga pohon buah-buahan seperti mangga, rambutan, klengkeng dan nangka. “Kita tetap bertanggungjawab untuk tumbuh dan hidupnya pohon ini. Pastinya bersama-sama dengan pihak lainnya terutama masyarakat dan pemerintah daerah,’’ demikian Wahyu. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Rekon Pasca Gempa, Gubernur NTB Minta Fasilitator Bergerak Cepat

MATARAM, SR (15/1/2019) Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc, meminta kepada para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *