Home / Pendidikan / Ujian Nasional SD/MI Digelar 22—24 April 2019

Ujian Nasional SD/MI Digelar 22—24 April 2019

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (12/1/2019)

Siswa SD/MI yang duduk di bangku kelas 6 mulai sekarang harus mempersiapkan diri. Sebab tinggal beberapa bulan lagi SD/MI baik negeri maupun swasta akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2018/2019. Disebutkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang SD, Mukhlis S.Pd, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SD/MI dilaksanakan pada 22—24 April. Sedangkan ujian susulannya 26—30 April.

Ujian jenjang SD/MI ini hanya mengujikan tiga mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Namun sejauh ini Mukhlis mengaku belum melakukan pendataan peserta ujian tahun ini, demikian dengan jumlah sekolah penyelenggaranya. “Kami memprediksikan jumlahnya tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Sebagai acuannya, 2018 ada 347 sekolah penyelenggara dengan peserta 7.673 orang. MI 27 madrasah dengan jumlah peserta ujian 528 orang,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pendataan peserta ujian harus tuntas Januari 2019 ini, karena Februari nanti, Daftar Nominasi Sementara (DSN) sudah tercetak dan ditargetkan juga Daftar Nominasi Tetap (DNT) juga tuntas. Dalam melakukan pendataan, Mukhlis mengaku kerap menemui kendala. Seperti, belum lengkapnya data sekolah karena tidak mencantumkan berbagai persyaratan, salah satunya Nomor Induk Sekolah (NIS) ketika menyampaikan laporan Dapodiknya ke server pusat. “Karena belum lengkap, aplikasi data online tidak mau menerimanya. Data ini pun dikembalikan lagi ke Dikbud, untuk kemudian diserahkan kembali ke sekolah bersangkutan. Ini kendala kita di lapangan. Belum lagi masalah server yang biasanya tidak langsung merespon saat sekolah melakukan validasi data,” tandasnya. (SR)

Lihat Juga

Gubernur NTB Lepas KKN Poltekkes Kemenkes Mataram

MATARAM, SR (19/1/2019) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Poltekkes Kemenkes Mataram Mahasiswa Prodi D-III dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *