Home / Pemerintahan / Kades Diminta Mampu Intervensi Penurunan Angka Kemiskinan

Kades Diminta Mampu Intervensi Penurunan Angka Kemiskinan

SUMBAWA BARAT, SR (12/1/2019)

Wakil Bupati Sumbawa, Fud Syaifuddin ST berharap melalui dana desa, pemerintah desa mampu mengintervensi penurunan angka kemiskinan dengan berbagai kegiatan yang ada. “Harus ada komitmen bersama menurunkan angka kemiskinan di KSB secara menyeluruh. Melalui dana desa yang ada dengan berbagai program desa masing-masing,” kata Wabup saat membuka Rapat Koordinasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Teknologi Tepat Guna (TTG). Rapat dilaksanakan di aula kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD), belum lama ini. Hadir Kepala Bappeda dan Litbang drh. Khaerul, Kepala DPMD Drs. Mulyadi M.Si, Kepala PLN Cabang Sumbawa Barat, Camat se-KSB, dan seluruh kepala desa dan lurah se-KSB.

Wabup juga mengingatkan seluruh Kades dan Lurah untuk terlibat pungli. Mengeluarkan rekomendasi hanya karena diimingi uang Rp 100–200 ribu yang berakibat hukum dan diberhentikan dari jabatannya. “Sudah banyak contoh, sejumlah aparatur harus dipenjara dan diberhentikan karena tindakan tersebut. Kades dan Lurah harus bekerja sesuai aturan yang ada. Jika tidak ada dalam aturan maka jangan dikerjakan,” tegas Wabup mengingatkan.

Dalam kesempatan itu juga Bang Fud—akrab Wabup disapa, meminta Kades dan Lurah harus melaksanakan kegiatan yang berasal dari aspirasi masyarakat. Keterbukaan harus dikedepankan. Musyawarah mufakat dilaksanakan untuk mengambil keputusan dan mengeluarkan kebijakan. Kemudian Kades dan Lurah harus tetap berkoordinasi dengan Camat. Tidak berjalan sendiri, karena Camat merupakan perpanjangan tangan Bupati dan Wakil Bupati. Sebaliknya kepada para Camat, Wabup meminta agar terus membina Kades dan Lurah. (HEN/SR)

Lihat Juga

Gubernur Ingatkan Pjs Sekda untuk Amanah dan Murah Senyum

MATARAM, SR (13/6/2019) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zukieflimansyah melantik H Iswandi sebagai Penjabat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *