Home / Ekonomi / Integrasi Padi dan Ikan, DKP KSB Terapkan Mina Padi

Integrasi Padi dan Ikan, DKP KSB Terapkan Mina Padi

SUMBAWA BARAT, SR (11/1/2018)

Memasuki musim penghujan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan menerapkan sistem Mina Padi di KSB, Mina Padi merupakan integrasi antara budidaya ikan dan tanaman padi dalam satu lahan dan satu waktu.

Ditemui SAMAWAREA belum lama ini, Sekretaris Dinas DKP, Zainal Arifin SP mengatakan pada tahun 2019 ini Bidang Budidaya Perikanan Air Tawar sedang merumuskan penerapan budidaya model Mina Padi yakni padi akan digabung dengan budididaya ikan air tawar mengingat sudah memasuki musim penghujan. Pasalnya system ini membutuhkan banyak air agar padi dan ikan hidup bersamaan. Model ini sangat positif bagi petani karena mendapatkan dua keuntungan baik dari hasil panen padi maupun panen ikan. “Hasilnya bias sampai 3 kali lipat karena dalam hitungan kami satgu hektar petani bisa mendapatkan hasil sampai 60 juta rupiah,” ungkapnya.

Keuntungan lain dari Mina Padi lanjut Zainal, adalah efisiensi biaya pestisida. Sebab kotoran ikan menjadi pupuk alami yang membuat padi lebih kebal dari hama yang sering menjadi masalah dalam setiap musim tanam di KSB. Kualitas padinya juga sangat bagus. Hasil ujilab, padi dengan system Mina Padi memiliki kadar glukosa yang sangat rendah sehingga cocok bagi penderita diabetes. Di samping itu padi ini harganya lebih mahal karena organic dan bebas dari pestisida.

Mengenai cara budidaya sistem Mina Padi, Zainal menjelaskan, cukup membuat pinggiran sawah agak lebih dalam dan airnya harus tetap diperhatikan. Dan pihaknya siap mendampingi petani. “Saat ini kita coba 4 kelompok saja yang berada di wilayah subur. Kami yakin apabila kelompok serius dalam melaksanakan pola ini pasti membuahkan hasil menggembirakan,” ujarnya seraya menyebutkan ada empat kelompok, masing-masing dua di wilayah Brang Rea dan Brang Ene, yang diberikan bibit dan pakan. (HEN/SR)

 

Lihat Juga

Wagub NTB: Komitmen Pemerintah Bantu Korban Gempa Terbukti

MATARAM, SR (19/1/2019) Komitmen pemerintah dalam membantu korban gempa di NTB itu, merupakan komitmen yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *