Home / Pemerintahan / Senator Bali Apresiasi Penanganan Tercepat Konflik Lunyuk

Senator Bali Apresiasi Penanganan Tercepat Konflik Lunyuk

SUMBAWA BESAR, SR (7/1/2019)

“Saya sangat mengapresiasi penanganan yang luar biasa yang telah dilakukan Pemerintah bersama TNI/Polri, terkait tragedi yang terjadi di Lunyuk pada Bulan Desember 2018 lalu. Ini adalah penanganan konflik yang melibatkan umat Hindu tercepat yang pernah terjadi di Indonesia. Hal ini yang membuat saya tergerak hadir untuk untuk memperkuat komitmen perdamaian, dan mempercepat penyelesaian kasus, karena saya menilai masih ada luka yang harus diperbaiki. Sebagai pejabat negara kami datang untuk menunjukkan kepada publik terutama kepada komunitas kami, bahwa negara hadir bersama rakyat untuk bersinergi bersama menyelesaikan masalah ini,” ungkap Anggota DPD RI, Dr. Sri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedastera Putra Suyasa III, SE.,M.Tru.,M.Si pada saat melakukan kunjungan kerja dan silaturrahmi dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Senin (7/12) di Aula H. Hasan Usman Lantai I Kantor Bupati Sumbawa. Hadir pada acara tersebut Bupati Sumbawa, Wakil Bupati Sumbawa, perwakilan anggota Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Sumbawa, Pimpinan OPD terkait, Camat Lunyuk, FKUB, LATS, Direktur Hindu Center for NTB.

Disampaikan Senator utusan Bali bahwa hal-hal yang harus dilakukan untuk penanganan masalah ini untuk masa depan adalah bagaimana peran pemerintah bersama masyarakat dan media untuk memblok informasi negatif dari media sosial yang dewasa ini sangat penting, karena dikhawatirkan akan memberi dampak yang lebih besar. Disampaikan pula beberapa hal untuk menyemangati hasil perdamaian yaitu masyarakat Bali yang ada di Lunyuk merupakan orang Sumbawa keturunan Bali, sehingga dihimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap berkomitmen di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung.

Dari DPD Bali akan mengupayakan agar NTB khususnya Sumbawa mendapatkan manfaat ke depan khususnya dalam dunia pariwisata, dan akan mendukung dalam mengembangkan potensi pariwisata di Sumbawa. “Sumbawa harus disiapkan sebelum ledakan pariwisata terjadi. Dalam bidang pendidikan di Sumbawa harus ada Academi Pariwisata, karena jauh lebih hebat membangun manusia, dibandingkan dengan hanya membangun infrastruktur, karena keduanya harus bersinergi,” pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc dalam kata pengantarnya menyampaikan selamat datang kepada Senator DPD/MPR RI Utusan Propinsi Bali. Bupati melaporkan bahwa sejauh ini kondisi Kecamatan Lunyuk sudah cukup kondusif. Bupati merasa perlu untuk mendiskusikan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk penyelesaian yang lebih baik. Agar kekurangan dari persoalan yang telah terjadi, dijadikan acuan untuk penyelesaian yang lebih baik.

Dalam acara tersebut Senator DPD/MPR RI Utusan Propinsi Bali menyerahkan Cihne Dalem Istana Mancawarna Tampaksiring. Piagam penghargaan atas penyelesaian upaya damai di Kecamatan Lunyuk, dan Tongkat Ananta Basuki kepada Bupati Sumbawa, dan dari Pemkab Sumbawa menyerahkan plakat. (SR)

Lihat Juga

MotoGP Mandalika akan Dipromosikan di Paris

MATARAM, SR (14/6/2019) Kepastian digelarnya MotoGP Mandalika pada tahun 2021 mendatang telah melahirkan perlunya upaya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *