Home / HukumKriminal / Buktikan Palsu, Polisi Tunggu Hasil Ujilab Ijazah Kades Padesa

Buktikan Palsu, Polisi Tunggu Hasil Ujilab Ijazah Kades Padesa

SUMBAWA BESAR, SR (7/1/2019)

Hingga kini kasus dugaan ijazah palsu Kades Padesa Kecamatan Lantung masih ditangani penyidik kepolisian Polres Sumbawa. Alotnya penanganan kasus ini karena Jaksa Penuntut Umum (JPU) ingin mendapatkan bukti otentik dugaan pemalsuan ijazah itu. Salah satunya harus melalui uji laboratorium forensik (Labfor). Untuk memenuhi hal itu, pihak kepolisian membawa sejumlah alat bukti langsung bertolak ke Denpasar Bali. “Ujilab forensiknya sudah kami lakukan, tinggal kami menunggu hasilnya,” kata Kasat Reskrim Polres Sumbawa, AKP Zaky Maghfur yang ditemui kemarin.

Dijelaskan Zaky, ijazah ini diuji di labfor sebagai data pembanding. Meski diakuinya, hasil pemeriksaan termasuk keterangan saksi dan dokumen sudah mengarah sehingga menetapkan oknum kades, Syaharuddin sebagai tersangka. Ia berharap dengan hasil ujilab nanti berkas perkaranya bisa dinyatakan lengkap sehingga kasus itu segera dilimpahkan ke kejaksaan.

Seperti diberitakan, Kades Padesa terpilih, Syaharuddin dilaporkan ke Polres Sumbawa karena diduga menggunakan ijazah palsu dalam pencalonannya. Dugaan penggunaan ijazah palsu ini diketahui pasca dilakukan penetapan calon Kepala Desa Lantung Padesa. Kemudian hal tersebut dilaporkan kepada Panwas Pilkades setempat. Panwas menindaklanjuti laporan itu pasca adanya pemenang Pilkades. Berdasarkan hasil penelusuran dari panwas dan surat keterangan dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima serta hasil investigasi Polres Sumbawa menyatakan bahwa ijazah yang digunakan Syaharuddin tersebut tidak sah. Polisi pun akhirnya menetapkan Syaharuddin sebagai tersangka. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Berawal Kenalan di Facebook, Seorang ABG Digilir Dua Pemuda

SUMBAWA BESAR, SR (13/6/2019) Nasib yang dialami Madu (bukan nama sebenarnya) sungguh memilukan. Gara-gara berkenalan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *