Home / HukumKriminal / Bawaslu Awasi Proses Penyerahan LPSDK di KPU Sumbawa

Bawaslu Awasi Proses Penyerahan LPSDK di KPU Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (02/01/2019)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa mengimbau partai politik dan Tim Kampanye Paslon Presiden dan Wakil Presiden peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 agar segera menyampaikan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK).

Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Hamdan S.Sos.I menegaskan bahwa sesuai tahapan, penyerahan LPSDK akan berakhir, hari ini, 2 Januari 2019. “Hari ini terakhir. Kami dari Bawaslu akan melakukan pengawasan terhadap semua laporan yang masuk, baik jadwal tahapan maupun kelengkapan dokumen LPSDK,” tegas Hamdan, Rabu (2/1).

Jika ditemukan ketidaklengkapan dokumen, Bawaslu hanya mencatat. Mengenai ada dan tidaknya pelanggaran atau patut dan tidaknya, menjadi ranah Kantor Akuntan Publik (KAP). Yang pasti dalam UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu, Peserta Pemilu akan mendapatkan sanksi pidana dalam hal pelanggaran pelaporan sumbangan dana kampanye. “Pelaporan sumbangan dana kampanye sudah diatur dalam UU No. 7/2017 pasal 526 sampai 528 tentang jenis pelanggaran dan sanksinya,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, hingga pukul 14.00 Wita ada beberapa parpol yang datang menyerahkan LPSDK ke KPU Kabupaten Sumbawa. Yakni Partai Gerindra, Golkar dan PKB. Untuk Gerindra dan Golkar telah dinyatakan memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan PKPU 24, 29, dan 34 tahun 2018 tentang Dana Kampanye. Sedangkan PKB masih belum lengkap sehingga dikembalikan untuk disempurnakan. Sementara itu Partai Hanura menyusul menyerahkan LPSDK tepat pukul 17.50 Wita. Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) Hanura itu diterima Anggota KPU Sumbawa, Sudirman S.IP didampingi tiga anggota lainnya, Aryati S.Pd. I, Yadi Saptono dan Nur Kholis serta Sekretaris KPU, Lahmuddin SE. (SR)

 

Lihat Juga

Ketua Nasdem Sumbawa Khawatir Relokasi RSUD Hanya Sampai Pengurukan

dr. Dede: Februari Tender, Maret Bangun Fisik SUMBAWA BESAR, SR (15/1/2019) Setelah menyoroti masalah infrastruktur jalan, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *