Home / MATARAM / Koleksi 146 Medali, Sumbawa Runner-Up PORPROV 2018  
Gubernur NTB DR. Zulkieflimansyah menyerahkan piala bergilir pada Wakil Walikota Mataram, H.Mohan Roliskana sebagai kontingen peringkat pertama pada Porprov ke-x. Nampak Ketua KONI Sumbawa, (kanan) H.Mustami H.Haamzah juga menerima piala sebagai peringkat kedua.

Koleksi 146 Medali, Sumbawa Runner-Up PORPROV 2018  

MATARAM, SR (17/12/2018)

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTB 2018 berakhir. Penutupan dan pengumuman perolehan medali dilangsungkan di Gelanggang Pemuda, Minggu (16/12) malam. Kegiatan puncak agenda empat tahunan ini ditutup langsung Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc.

Gubernur menjelaskan meski NTB dilanda bencana, namun harus mampu menunjukkan NTB Bangkit dalam segala bidang. Salah satu agenda atau program yang sudah ditetapkan untuk tingkat NTB seperti Porprov ini bisa terlaksana dengan lancar. Bahkan terlihat masing-masing kontingen dengan semangat menunjukkan prestasi atletnya. ‘’Selamat dan sukses. Ini suatu hal yang luar biasa. Semoga dengan Porprov X ini mampu menghasilkan atlet-atlet handal di bidangnya untuk berkiprah ke tingkat nasional,’’ kata Doktor Zul—sapaan Gubernur NTB.

Menurutnya, dalam dunia olahraga tingkat nasional sekelas PON, mungkin NTB masih papan bawah. Namun untuk PON mendatang, NTB harus memegang peran penting. Karena dari hasil pelaksanaan Porprov menjadi tolask ukur bagi para pengurus Cabor untuk menyiapkan atlet handalnya. ‘’Ini telah nampak bibit-bibit unggul yang bisa kita andalkan. Seperti yang diusulkan oleh Ketua KONI NTB bahwa Porprov dihajatkan dua tahun sekali, itu merupakan hal yang positif. ‘’Kami sangat mendukung penuh usulan itu,’’ tegas Gubernur.

Sementara Ketua KONI NTB, Andi Hadiyanto menjelaskan, selama pelaksanaan Porprov dari 9 hingga 16 Desember 2018 berjalan sesuai rencana. Ini membuktikan bahwa atlet dari semua kontingen peserta Porprov menunjukkan kedisiplinan tinggi. Andi berharap ke depan baik prestasi, kedisiplinan lebih baik lagi. Ia mengusulkan agar Porprov yang selama ini dilaksanakan empat tahun sekali, bisa terlaksana dua tahun sekali.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc terapresiasi dengan prestasi yang ditoreh atlet Kabupaten Sumbawa yang menduduki posisi runner up. Artinya masih ada kesempatan pada ajang yang sama Kabupaten Sumbawa bisa berbuat lebih baik lagi. ‘’Atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa, mengucapkan selamat atas usaha maksimal yang dilakukan para atlet peserta Porprov untuk membawa nama baik daerah ini,’’ ucap Bupati, seraya menyatakan dengan sportivitas yang tinggi para atlet Sumbawa mampu tampil secara hebat dan bermartabat.

Sementara Ketua KONI Sumbawa, H. Mustami Hamzah B.Sc., SH menjelaskan prestasi yang telah dipersembahkan atlet Sumbawa setingkat lebih baik. Itu terlihat dari perolehan medali yang dikoleksi pada Porprov kali ini. Sebelumnya, Sumbawa menempati peringkat ketiga dengan raihan 41 medali emas dan mengoleksi medali secara keseluruhan 62. Namun pada Porprov 2018 Kabupaten Sumbawa mengoleksi 44 emas, 40 perak dan 62 perunggu, totalnya mencapai 146 medali. Meski demikian, Mustami menilai, upaya memperoleh medali lebih banyak bisa saja terjadi. Hal itu menjadi bahan evaluasi baik KONI sendiri maupun pengurus Cabor.

Mustami mengapresiasi pihak pemerintah yang telah memberikan dukungan atas pelibatan Kabupaten Sumbawa sebagai peserta Porprov. ’’Kami berterima kasih kepada Pak Bupati dan masyarakat Sumbawa yang mendukung KONI Sumbawa, Cabang Olahraga dan atlet peserta Porprov,’’ pungkasnya. (SR)

Lihat Juga

Rekon Pasca Gempa, Gubernur NTB Minta Fasilitator Bergerak Cepat

MATARAM, SR (15/1/2019) Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc, meminta kepada para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *