Home / Pendidikan / 10 PT di Polandia dan Ceko Siap Terima Mahasiswa NTB

10 PT di Polandia dan Ceko Siap Terima Mahasiswa NTB

PRAHA CEKO, SR (08/12/2018)
Genap sudah 10 perguruan tinggi (PT) di Polandia dan Republik Ceko sepakat menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Nusa Tenggara Barat. Dua perguruan tinggi di antaranya langsung melakukan penandatanganan MoU. Bahkan satu perguruan tinggi lagi meminta Gubernur NTB segera mendaftarkan putra putri NTB pada Desember 2018 ini untuk melaksanakan perkuliahan Februari 2019 mendatang. Kesepakatan tersebut dicapai dalam lawatan Gubernur NTB Dr. H. Zulkiflimansyah SE., M.Sc bersama rombongan di beberapa negara Eropa, 2—7 Desember 2018. Terakhir, Jumat (7/12), sebelum bertolak ke Indonesia, Tim Gubernur menjalin kerjasama dengan dua perguruan tinggi di Praha, Republik Ceko. Adalah Metropolitan University of Prague dan Czech University of Life Science (CULS) Prague.
Saat berkunjung ke Metropolitan University of Prague yang berlokasi di Praha 10, rombongan yang terdiri dari Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram, Arsyad Abdul Gani, Rektor Universitas Mahasaraswati, Ida Bagus Eka Artika dan Wakil Rektor Universitas Hamzanwadi, Khirjan Nahdi, Imanuella Romaputri Andilolo perwakilan Universitas Mataram sekaligus Tim Beasiswa NTB bersama Irwan Rahardi dan Sri Hastuti Novilla A.S ini didampingi Diplomat dari Kedutaan Indonesia untuk Ceko, Punjul Setya Nugraha. Rombongan disambut hangat Rektor setempat, Prof. Michal Klima beserta jajaran.
Dalam pertemuan itu Prof. Michal Klima menilai rencana kerjasama tersebut sangat positif. Sejauh ini pihaknya sudah banyak menerima mahasiswa dari negara lainnya dan berharap ke depan ada mahasiswa asal NTB. Universitasnya juga memiliki jurusan unggulan yang sepenuhnya diajarkan menggunakan Bahasa Inggris. Seperti program magister jurusan Internasional Bussines serta Internasional Relation and European Studi. Biaya yang ditawarkan berkisar 2000—3000 Euro per tahun atau Rp 32 juta—48 juta. “Kami sangat senang jika mahasiswa di NTB bisa kuliah di sini. Kami punya fasilitas sangat lengkap yang mendukung proses perkuliahan di sini, dengan dosen-dosen yang luar biasa,” jelas Prof Michal.
Di akhir pertemuan itu, dilakukan penandatanganan MoU antara Rektor Metropolitan University of Prague dengan UNRAM, Universitas Mahasaraswati, Universitas Hamzanwadi dan Universitas Muhammadiyah Mataram. Penandatanganan MoU ini sebagai bentuk keseriusan kerjasama kedua belah pihak dalam upaya meningkatkan sumberdaya manusia dan menciptakan pemimpin masa depan.
Sementara di Czech University of Life Science (CULS) Prague, rombongan diterima Dekan Fakultas Tekhnik, Prof. Jiri Masek. Dalam pertemuan itu, Prof Jiri sangat antusias untuk menjalin kerjasama dengan menerima mahasiswa NTB untuk kuliah di CULS. Pihaknya memiliki satu jurusan yang diajarkan menggunakan Bahasa Inggris secara penuh yakni jurusan Tekhnik Pertanian. Biaya kuliah pun hampir sama dengan di Metropolitan University of Prague sekitar 2000—3000 Euro. Namun universitas ini bisa memberikan potongan biaya, sehingga bisa sangat murah. “Kami akan sangat senang untuk membuka satu rombongan belajar yang baru. Kami harapkan detail kerjasamanya segera dikirimkan kepada kami. Sehingga MoU nya bisa ditandatangani,” pinta Prof Jiri.
Tim Beasiswa NTB, Imanuella Romaputri Andilolo siap menindaklanjuti hasil pertemuan dari dua universitas di Praha Ceko tersebut termasuk kesepakatan dengan beberapa perguruan tinggi di Polandia. Dari 10 universitas yang telah menjalin kerjasama dengan PT di NTB ini ungkap Ima—sapaan Dosen UNRAM ini, akan mengakomodir cukup banyak putra putri NTB kuliah di luar negeri. Bahkan saat ini Tim Beasiswa NTB sudah mulai membuka seleksi beasiswa. Rencananya pengiriman mahasiswa asal NTB untuk kuliah di luar negeri dilakukan Februari atau September 2019 mendatang. (JEN/SR)

Lihat Juga

BPJS Naik Rakyat Menjerit

Oleh : Iskha Maulida (Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang) MALANG, SR (5/12/2019) BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *