Home / Pendidikan / WULS Polandia Siap Terima Mahasiswa NTB Desember ini

WULS Polandia Siap Terima Mahasiswa NTB Desember ini

POLANDIA, SR (06/12/2018)
Mahasiswa NTB yang kuliah di Polandia bakal terus bertambah. Warsawa University of Life Sciences (WULS), salah satu universitas top di Polandia siap menerima dan memberikan beasiswa kepada sekitar 25 mahasiswa asal NTB. Kesempatan ini diberikan untuk dua jurusan yaitu S2 Tekhnik Sipil dan S2 Environmental Protection. Bahkan perguruan tinggi yang berada di pusat kota Polandia ini menginginkan anak anak NTB segera dikirim dalam Bulan Desember ini juga. Ini disepakati dalam kunjungan singkat Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc pada hari kedua lawatannya di Polandia. Ikut mendampingi Ketua Yayasan Dea Mas sekaligus mewakili Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Hj. Niken Saptarini SE., M Sc, Asisten III Pemprov, Hj Hartina Abdurrahman Mahmud, Kepala BKD NTB Fathurrahman Nursim Jumaah, Perwakilan Biro Humas Pemprov Najamuddin Amy dan Scholarship Team sekaligus perwakilan Universitas Mataram (Unram) Imanuella Romaputri Andilolo. Selain itu Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram (UMM) Arsyad Gani, Rektor Universitas Mahasaraswati Mataram Ida Bagus Eka Artika, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Baiq Mulianah, Ketua STIKES Mataram Chairun Nasrin, dan Wakil Rektor I Universitas Hamzanwadi H Khirjan Nahdi. Di Warsawa University of Life Sciences ini tim diterima Rektornya Wieslaw Bielawski beserta jajarannya. Dalam pertemuan itu, Universitas tersebut setuju untuk melakukan kerjasama dengan PT di NTB. “Setelah ini tim akan bergerak cepat. Deadline waktunya sangat mepet sampai 20 Desember ini karena langsung kuliah Februari 2019. Kebetulan sejumlah rektor dari perguruan tinggi yang hadir di sini, ada jurusan Tekhnik Sipilnya. Mudah-mudahan ada dosen muda atau lulusan yang bisa lanjut ke sini,” terang Gubernur Zul.
Sementara Wakil Rektor Warsawa University of Life Sciences, Michal Zasada, menyatakan sangat menghargai kerjasama antara PT di NTB dengan universitas di Polandia. “Gubernur NTB adalah orang pertama dari NTB yang datang untuk membicarakan terkait kerjasama yang sebelumnya telah diwacanakan,” katanya.
Hasil pertemuan itu, ungkap Prof. Zasada, merupakan langkah awal yakni menerima sejumlah mahasiswa NTB untuk kuliah di tempat itu. Mahasiswa itu akan diberikan beasiswa atau gratis kuliah. Tidak menutup kemungkinan, kerjasama juga akan dilakukan di bidang penelitian. “Kerjasama ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Kami siap menyediakan apa yang menjadi kebutuhan dari PT di NTB,” pungkasnya.
Untuk diketahui saat ini ada belasan mahasiswa asal NTB yang kuliah di Vistula University dan Collegium Civitas University. Beberapa PT lain di Polandia pun menginginkan hal yang sama setelah dikunjungi Gubernur NTB dan rombongan. Di antaranya Nicolaus Copernicus University of Torun, Warsawa University of Life Sciences dan beberapa akademi yang berada di bawah Vistula Group of University. Artinya mengirim 1000 mahasiswa NTB per tahun kuliah ke luar negeri adalah sebuah keniscayaan. Sebab tawaran datang tidak hanya di Polandia tapi juga China, Irak, Mesir, Jepang dan Korsel. (JEN/SR)

Lihat Juga

Kasrem 162/WB Sambut Siswa Mengenal Nusantara Provinsi Bengkulu

MATARAM, SR (15/8/2019) Kepala Staf Korem 162/WB Letnan Kolonel Inf Endarwan Yansori didampingi Kasiter Letkol ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *