Home / MATARAM / Gubernur NTB: Pacuan Kuda Jadi Daya Dorong Pengembangan Pariwisata

Gubernur NTB: Pacuan Kuda Jadi Daya Dorong Pengembangan Pariwisata

SUMBAWA BESAR, SR (01/12/2018)

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc menilai Kejuaraan Pacuan Kuda yang dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa dan NTB pada umumnya dapat menjadi daya tarik dan daya dorong pengembangan pariwisata. Karena itu event ini tidak mesti dilaksanakan sekali dalam setahun melainkan setiap bulan pada Hari Sabtu dan Minggu. “Ini tidak hanya memajukan sector pariwisata tapi juga perekonomian masyarakat karena menjadi indicator hidupnya peternakan kita,” ungkap Gubernur saat membuka Kejuaraan Pacuan Kuda Gubernur NTB Cup 2018 di Kerato Angin Laut, Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa, Sabtu (1/12).

Terkait dengan Kejuaraan Pacuan Kuda Gubernur Cup 2018 ini, Dr Zul—akrab Gubernur disapa, menilainya sebagai event yang sukses. Sebab indicator keberhasilan kejuaraan pacuan kuda terlihat dari banyaknya jumlah kuda yang terdaftar. Pada event ini tercatat 530 kuda, ini bukan hanya dari Sumbawa tapi dari kabupaten/kota lain di NTB bahkan di luar NTB. Untuk itu Dr. Zul yang juga pemilik Kerato Angin Laut, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak khususnya TNI selaku penyelenggara. “Terima kasih kepada Danrem 162 Wira Bhakti dan Dandim 1607 Sumbawa serta segenap panitia yang telah mempersiapkan perlombaan ini sangat baik dan maksimal,” ucapnya.

Sebelumnya Dandim 1607/Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda, SE, M.Sc selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa kejuaraan pacuan kuda ini atas dasar petunjuk Gubernur NTB dan surat perintah Danrem 162/Wira Bhakti. Kejuaraan ini diikuti sekitar 530 ekor kuda. Ia berharap event ini dapat dinikmati masyarakat dan pemilik kuda dapat menjaga sportifitas.

Sementara Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H Mahmud Abdullah mengatakan pemerintah daerah menyambut gembira digelarnya kegiatan tersebut karena akan berdampak positif bagi kemajuan ekonomi dan pariwisata. Wabup berharap ke depan Gubernur NTB memberikan dukungan atau bantuan bibit kuda. Pasalnya populasi kuda di daerah ini masih sangat kurang.

Untuk diketahui, pembukaan Kejuaraan Pacuan Kuda Gubernur Cup 2018 yang dibuka secara resmi Gubernur NTB di antaranya dihadiri Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Danrem 162Wira Bhakti Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han, Kasrem 162/Wira Bhakti Letkol Inf Endarwan Yansori, Dandim 1607 Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda, SE, M.Sc, Kepala Dinas Pariwisata Sumbawa Ir. H. Junaidi M.Si, Kasdim 1607/Sumbawa Mayor Arh. Huwairy ST, Ketua Pordasi NTB, Ketua Pordasi Sumbawa, Rektor UNSA, Unsur FKPD Kabupaten Sumbawa, Camat, Kades, toga, toma, tokoh adat Kecamatan Moyo Utara dan lainnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

Pengusaha Selangor Malaysia Minati Investasi di NTB

MATARAM, SR (17/12/2018) Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah melakukan penandatanganan nota kesepahaman ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *