Home / Kesehatan / PMI KSB Komitmen Bantu Penuhi Kebutuhan Darah di RSUD Asy Syifa
Rival Afandy, Pengurus PMI KSB

PMI KSB Komitmen Bantu Penuhi Kebutuhan Darah di RSUD Asy Syifa

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD ASY-SYIFA KABUPARTEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (16/11/2018)

Permintaan darah yang relatif tinggi kerap menjadi persoalan yang dirasakan pasien dan keluarga pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy Syifa Sumbawa Barat. Tak tanggung tanggung, hampir setiap hari selalu ada permintaan darah dari berbagai jenis darah yang dilakukan keluarga pasien ke masyarakat. Permintaan darah dari pendonor, kerap menghiasi jejaring sosial. Melihat kondisi tersebut, Palang Merah Indonesia Kabupaten Sumbawa Barat (PMI KSB) berkomitmen akan memenuhi kebutuhan darah di RSUD Asy Syifa. “Kebutuhan darah memang selalu menjadi persoalan tiap hari. Melihat hal tersebut, dari PMI sendiri tentu tidak tinggal diam. Minimal kami membantu berkoordinasi dengan pendonor aktif yang ada di Sumbawa Barat untuk memfasilitasi mereka mendonorkan darahnya,” ujar Rival Afandy, Pengurus PMI KSB, belum lama ini.

Dia menambahkan bahwa produktifitas PMI KSB akan kegiatan yang mampu memfasilitasi masyarakat terutama memenuhi kebutuhan darah memang belum maksimal. Ini disebabkan PMI yang tidak memiliki tenaga medis. Selain itu, PMI sendiri juga belum memiliki fasilitas untuk melakukan donor darah secara mandiri. “Kami belum punya tenaga medis dari internal PMI. Inilah pekerjaan rumah dari PMI yang akan kita selesaikan. Di tahun 2019, kami akan fokus untuk peningkatan kapasitas pengurus PMI KSB dengan mengikuti berbagai pelatihan pelatihan. Untuk saat ini, ketika ingin melakukan kegiatan donor darah, kami dibantu oleh tim medis dari RSUD Asy Syifa, seperti kegiatan donor darah yang kami gelar di Markas Brimob Sekongkang kemarin,” jelasnya.

Sementara untuk peralatan medisnya, sambung Rival, pihak Rumah Sakit Asy Syifa sendiri telah berkomitmen untuk membantu memberikan peralatan medisnya, baik itu bank darah hingga berbagai peralatan untuk mendonor. “Kami sudah ketemu dengan Direktur RSUD Asy Syifa, alhamdulillah beliau menyambut baik. Bahkan beliau berkomitmen akan menyerahkan peralatan yang berkaitan dengan donor darah ketika PMI KSB memiliki tenaga medis sendiri,” tukas Rival. (HEN/SR)

 

Lihat Juga

Masih Ada Orang Gila di Sumbawa yang Dipasung

SUMBAWA BESAR, SR (17/11/2018) Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaidi A.Pt M.Si yang dikonfirmasi sebelum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *