Home / Kesehatan / Masih Ada Orang Gila di Sumbawa yang Dipasung
Ilustrasi

Masih Ada Orang Gila di Sumbawa yang Dipasung

SUMBAWA BESAR, SR (17/11/2018)

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaidi A.Pt M.Si yang dikonfirmasi sebelum dimutasi, Kamis (15/11), mengakui jika masih ada penderita gangguan jiwa (gila) yang dipasung. Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kesehatan, sejak tahun 2009 lalu sampai saat ini kasus pasung di Sumbawa mencapai 62 orang. Sejumlah penderita ini sudah ditangani dengan melakukan terapi intensif di RSUD Sumbawa dan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mataram selama 3—6 bulan. Hasilnya 56 orang sudah lepas pasung dan sembuh. Kini mereka telah dikembalikan kepada keluarganya. Sisanya masih ada 6 orang, tiga di antaranya dipasung kembali. Artinya setelah diterapi, mereka tidak diterima keluarga dan masyarakat. Sebab ada stigma negatif di masyarakat maupun keluarga yang menganggap mereka masih gila. Padahal mereka sebenarnya sudah sembuh usai mendapatkan terapi. Dalam kondisi itu, dia tidak memiliki aktifitas sehingga penyakitnya kambuh dan dipasung lagi. Sedangkan 3 lainnya masih diupayakan untuk ditangani. “Kadang-kadang ada keluarga yang tidak kooperatif, enggan untuk mengarahkan penderita untuk diterapi tapi lebih memilih untuk dipasung. Namun demikian kami tetap berupaya menghilang semua ini (bebas pasung),” ungkapnya.

Untuk itu dibutuhkan keterlibatan perangkat daerah yang lain, agar orang yang mengalami gangguan jiwa dan dipasung dapat diterapi, saat kembali ke keluarga dan masyarakat bisa diterima dengan baik. Selain itu bersinergi semua SKPD yang terlibat dalam Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) untuk melakukan pemberdayaan terhadap penderita pasca terapi. Misalnya Dinas Tenaga Kerja melatih keterampilan, perbengkelan, dan pertukangan. Demikian dengan Dinas Sosial maupun Diskoperindag dan UMKM melatih mereka membuat produk makanan tertentu atau makanan-makanan lokal sehingga mereka bisa mandiri dan produktif. (JEN/SR)

Lihat Juga

146.084 Warga Sumbawa Belum Terkafer JKN, BPJS Koordinasi BPKAD

SUMBAWA BESAR, SR (15/5/2019) BPJS Kesehatan Sumbawa telah berkoordinasi dengan Pemda Sumbawa melalui Badan Pendapatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *