Home / Kesehatan / Minggu Depan, Ada Dokter Magang di RSUD Asy Syifa
dr. Carlof, Direktur RSUD As-Syifa KSB

Minggu Depan, Ada Dokter Magang di RSUD Asy Syifa

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD ASY-SYIFA KABUPARTEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (15/11/2018)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy Syifa Sumbawa Barat, dijadwalkan akan menerima dokter yang baru saja menyelesaikan pendidikannya untuk melakukan internship atau proses magang. Penempatan lokasi internship yang akan dijalani oleh dokter ini ditunjuk langsung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). “Hari ini baru ada penerimaan dokter internship di Provinsi, termasuk di KSB juga akan ada penerimaan nantinya. Cuma belum kita ketahui jumlahnya. Hari Senin depan dokter internship sudah ada di KSB,” kata Direktur RSUD Asy Syifa, dr. Carlof Sitompul di ruang kerjanya, Kamis (15/11).

Dijelaskan, Dokter Internship merupakan dokter yang baru selesai menyelesaikan study pendidikan. Sehingga mereka akan menyelesaikan masa internnya, atau masa magang yang mereka pilih. Masa magangnya akan dijalani selama 1 tahun dengan target capaiannya masing masing. “Mereka punya target yang harus dicapai, selain menangani pasien juga melakukan study kasus. Selain itu, mereka juga akan melakukan presentasi karya karya ilmiah, termasuk presentasi tentang penyakit. Jika hal demikian sudah dilakukan selama 1 tahun, maka baru kemudian dinyatakan selesai,” jelas dr. Carlof, sapaan akrabnya.

Proses magang dokter umum tersebut, sambung dr. Carlof, tidak menangani pasien secara full. Mereka hanya melakukan pemeriksaan pasien dengan supervise dari dokter seniornya atau dokter spesialis sebagai dokter pembimbing. Meski tidak secara fulltime, namun dokter internship juga akan mendapatkan insentif dari pemerintah derah. “Dari kementerian kesehatan mereka diberikan gaji, sementara dari Pemda KSB sendiri mereka mendapatkan insentif Rp 700.000 per orang untuk satu bulan. Yaa kita berharap dengan adanya dokter internship di RSUD Asy Syifa mereka bisa mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat di kemudian hari,” ujar dr. Carlof. (HEN/SR)

Lihat Juga

Masih Ada Orang Gila di Sumbawa yang Dipasung

SUMBAWA BESAR, SR (17/11/2018) Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaidi A.Pt M.Si yang dikonfirmasi sebelum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *