Home / HukumKriminal / Operasi Zebra di Sumbawa Jaring 3.829 Pelanggar
Kasatlantas Gusriyadi Abustan SH

Operasi Zebra di Sumbawa Jaring 3.829 Pelanggar

SUMBAWA BESAR, SR (14/11/2018)

Sebanyak 3.829 pelanggar lalulintas yang terjaring dalam Operasi Zebra Gatarin 2018 di Kabupaten Sumbawa yang berlangsung selama 14 hari dan telah berakhir 12 November kemarin. Dari sejumlah ini, 2.805 pelanggar hanya diberikan teguran, sisanya 1.024 pelanggar ditindak langsung (Tilang).

Kasat Lantas Polres Sumbawa, AKP Gusriyadi Abustan SH mengatakan, target Operasi Zebra pada tahun ini di Kabupaten Sumbawa berbeda dari operasi yang sama pada tahun-tahun sebelumnya. Seharusnya target operasi ini mengedepankan penindakan dengan porsi 80 persen dan 20 persennya teguran. Tapi kali ini dibalik, 80 persen teguran dan 20 persen tindakan. Perbedaan ini terjadi karena NTB baru saja dilanda gempa. Pihaknya tidak ingin menambah kesusahan masyarakat. “Jadi ada kebijakan yang diberikan akibat dari bencana gempa di wilayah NTB. Sehingga yang dikedepankan teguran,” ungkap Gusriyadi.

Pelanggaran lalulintas yang terjaring Operasi Zebra kemarin, kata Gusriyadi, didominasi pelanggar yang lupa membawa surat-surat kendaraan dan SIM. Karenanya masyarakat dihimbau agar pengendara wajib memiliki SIM. Dan salah satu persyaratan klaim asuransi Jasa Rahardja adalah memiliki SIM. Kecuali yang belum cukup umur, tidak diperbolehkan memiliki SIM.

Selain itu, pihaknya juga menjaring pengendara yang belum cukup umur. Kepada pengendara ini, pihaknya memberikan blanko agar tidak mengulangi perbuatannya. Orang tua yang bersangkutan dipanggil untuk ikut bertandatangan agar tidak lagi memberikan izin kepada anaknya yang masih di bawah umur untuk menggunakan kendaraan. (JEN/SR)

Lihat Juga

Penuhi Petunjuk Jaksa, Polisi Segera Ujilab Forensik Ijazah Kades Padesa

SUMBAWA BESAR, SR (14/12/2018) Kades Padesa Kecamatan Lantung, Syaharuddin, sudah lama ditetapkan sebagai tersangka kasus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *