Home / Ekonomi / Job Fair 2018 Resmi Dibuka, 10 Perusahaan Butuh 760 Tenaga Kerja

Job Fair 2018 Resmi Dibuka, 10 Perusahaan Butuh 760 Tenaga Kerja

KERJASAMA MEDIA ONLINE SAMAWAREA DENGAN DISNAKERTRANS KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (06/11/2018)

Ratusan pelamar memadati halaman UPTD Loka Latihan Kerja (LLK) Sumbawa, Selasa (6/11) bertepatan dengan resmi dibukanya Pameran Bursa Kerja (Job Fair) 2018. Para pelamar ini dipastikan akan bertambah karena Job Fair tersebut akan berlangsung hingga Kamis (8/11) mendatang. Pada event tersebut, 10 perusahaan lokal dan nasional membuka lowongan kerja untuk merekrut sebanyak 760 pencari kerja dalam negeri. Sedangkan untuk luar negeri dibutuhkan tenaga kerja formal seperti perawat atau tenaga lainnya dalam jumlah yang tidak dibatasi. Sebagaimana laporan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbawa melalui Sekretarisnya, Drs. H. Abu Bakar bahwa tujuan Job Fair ini untuk mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan pengguna tenaga kerja. Hal ini mempermudah terjadinya proses penempatan tenaga kerja sesuai bakat, minat dan keterampilan. Melalui event ini juga pihaknya ingin membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan professional sesuai kebutuhan perusahaan. Selain itu mengurangi angka pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja. Karenanya masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini secara maksimal. Ia menyampaikan terima kasih kepada perusahaan penyedia tenaga kerja yang ikut dalam kegiatan tersebut. Secara tidak langsung mereka ikut berkonstribusi dalam upaya menekan angka pengangguran.

Sementara Bupati Sumbawa melalui Sekda, Drs. H. Rasyidi saat membuka kegiatan tersebut menyatakan sangat mengapresiasi perkembangan ketenagakerjaan di Kabupaten Sumbawa, dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Perkembangan tersebut dapat diketahui dari data yang ada, dimana jumlah penduduk di Kabupaten Sumbawa mencapai 509.234 jiwa, sementara data jumlah angkatan kerja pada tahun 2016/2017 mencapai 242.425 orang, dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Sumbawa 3,98 persen. Adapun jumlah penduduk yang bekerja pada tahun 2016/2017 mencapai 232.776 orang. Dan diprediksikan setiap tahun jumlah angkatan kerja terus meningkat sejalan dengan semakin bertambahnya jumlah lulusan-lulusan dari perguruan tinggi maupun SMA/SMK.

Para pelamar dilayani manajemen sejumlah perusahaan

Disampaikan pula bahwa Job Fair atau bursa kerja diselenggarakan khusus bagi para pencari kerja. Dalam Job Fair umumnya telah terpasang daftar perusahaan yang berpartisipasi, sehingga akan memberikan banyak manfaat baik bagi pelamar, perusahaan, maupun bagi pemerintah. Bupati berharap kegiatan Job Fair ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat yang masih mencari kerja. Demikian dengan Dinas Nakertrans Kabupaten Sumbawa agar event Job Fair dapat menjadi agenda tahunan, sebab banyak memberi manfaat langsung kepada masyarakat dan perusahaan-perusahaan khususnya di daerah ini.

Pantauan SAMAWAREA di antara perusahaan yang ikut serta dalam Job Fair 2018 ini adalah PT Permodalan Nasional Madani (Persero). BUMN yang bergerak dalam pembiayaan kelompok untuk perempuan pelaku usaha mikro ini membutuhkan tenaga finance administration officer, dan account onfficer. Ini memberikan kesempatan kepada perempuan berusia 18—22 tahun, lulusan SMA/SMK semua jurusan, mampu mengendarai sepeda motor, belum menikah dan tidak sedang kuliah. Kemudian PT Apsara Pearl Group yang membutuhkan cukup banyak tenaga kerja untuk perhotelan yang akan dibangun di wilayah Samota. Selanjutnya PT Mandala Finance, CV Mitra Jaya Mandiri—perusahaan yang bergerak di bidang peningkatan SDM dan Maintenance, serta PT Yakult Indonesia Persada, dan Indomaret. Ada juga perusaahaan pengerah tenaga kerja ke luar negeri seperti ke Jepang, Malaysia, Taiwan dan Arab Saudi. Sejumlah perusahaan tersebut membutuhkan tenaga kerja formal di antaranya perawat. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Pembangunan Cekdam Kokar Gali Maronge Diprotes Petani

SUMBAWA BESAR, SR (14/11/2018) Pembangunan Embung Desa—Cekdam Kokar Gali di wilayah Kecamatan Maronge, diprotes warga. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *