Home / Kesehatan / Tahun 2019, RSUD Asy-Syifa Ditargetkan Terakreditasi Paripurna

Tahun 2019, RSUD Asy-Syifa Ditargetkan Terakreditasi Paripurna

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD ASY-SYIFA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (04/11/2018)

Kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa Sumbawa Barat, harus terus ditingkatkan. Karenanya pihak rumah sakit melakukan pembenahan guna meningkatkan status rumah sakit dari rumah sakit yang saat ini terakreditasi bintang satu atau akreditasi dasar, menjadi Rumah Sakit terakreditasi bintang lima atau terakreditasi paripurna. “Saat ini, RSUD Asy Syifa berstatus terakreditasi bintang satu dan masa akreditasinya berlaku tiga tahun, atau jika dihitung status akreditasi dasar RSUD Asy Syifa akan habis di tahun 2019. Untuk itu, kami memasang target untuk tahun 2019 RSUD Asy Syifa adanya peningkatan status akreditasi menjadi rumah sakit berstatus terakreditasi paripurna,” ujar Direktur RSUD Asy Syifa, dr. Carlof Sitompul saat diwawancarai di ruang kerjanya, belum lama ini.

Adanya peningkatan status rumah sakit, sambung dr. Charlof, bukanlah hal yang muluk-muluk. Pihaknya mengaku secepatnya ingin memberikan jaminan kepada pasien dan keluarga pasien bahwa RSUD Asy Syifa memberikan jaminan pelayanan yang paripurna. Baik itu ditinjau dari mutu pelayanannya, hingga keselamatan pasien. “Untuk mewujudkan itu, Tentunya kita harus banyak belajar hal-hal baru. Kemudian implementasinya seperti apa sehingga terlaksananya asuhan kepada pasien secara paripurna. Persoalan bagaimana hasilnya nanti, ya kita lihat nanti,” ucap dr. Carlof dengan nada optimis.

Untuk diketahui, ada 16 capaian indikator yang ditergetkan pihak RSUD Asy Syifa agar mampu mencapai target rumah sakit terakreditasi paripurna. Di antaranya akses rumah sakit dan continueitas pelayanan, hak pasien dan keluarga, assessment pasien, pelayanan dan asuhan pasien, pelayanan anestesi dan bedah, pelayanan kefarmasian dan penggunaan obat, managemen komunikasi dan edukasi, peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Selain itu pencegahan pengendalian infeksi, tata kelola rumah sakit, managemen fasilitas dan keselamatan, kompetensi dan kewenangan staf, managemen informasi rekam medis, program nasional, integrasi pendidikan kesehatan dalam pelayanan rumah sakit, serta sasaran keselamatan pasien. (HEN/SR)

Lihat Juga

RSUD Asy Syifa Ingin Tingkatkan Akreditasi, HMI KSB: Pelayanan Harus Lebih Baik

SUMBAWA BARAT, SR (15/11/2018) Upaya peningkatan status akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy Syifa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *