Home / Pemerintahan / KPU Sumbawa Raih Dua Penghargaan Bergengsi di Pilgub NTB

KPU Sumbawa Raih Dua Penghargaan Bergengsi di Pilgub NTB

SUMBAWA BESAR, SR (15/10/2018)

Prestasi yang diraih Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa kian bertambah. Setelah meraih penghargaan sebagai Lembaga Berintegritas NTB, dan Pengelola PPID Terbaik Kabupaten Sumbawa, kini dua penghargaan kembali diraih. Yakni, Peringkat I Sistem Informasi Perhitungan Suara (SITUNG) NTB dan Terbaik 2 Kreasi dan Inovasi Sosialisasi Pilgub NTB Tahun 2018. Penghargaan ini diterima Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag langsung diberikan Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori dalam acara Rangkaian Evaluasi Pelaksanaan Pilgub NTB 2018 di Hotel Lombok Raya, 11—14 Oktober 2018.

Ketua Divisi Sosialisasi SDM dan Parmasi KPU Kabupaten Sumbawa, Aryati S.Pd.I yang ditemui SAMAWAREA, Senin (15/10), menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang telah diraih jajarannya. Ini menandakan bahwa kinerja KPU Sumbawa mendapat apresiasi dari KPU NTB maupun masyarakat NTB dalam rangka menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018.

Penghargaan ini dirah ungkap Aryati, karena KPU Sumbawa dinilai paling cepat dan akurat dalam menginput dan mengirim data system perhitungan perolehan suara pada Pilgub NTB berupa scan formulir C1 di hari H. Padahal menurut Aryati, Sumbawa adalah daerah yang memiliki tipe geografis yang lebih sulit bila dibandingkan dengan daerah lain. “Meski banyak daerah yang sulit dijangkau karena jarak tempuh dan medan serta akses informasi komunikasi yang sulit, tapi kami mampu menghadirkan dan menyampaikan hasil scan C1 lebih cepat dan akurat sehingga public dapat cepat mengetahui informasi tentang hasil perolehan suara bersamaan dengan tuntasnya perhitungan suara di tingkat TPS, PPK dan kabupaten,” kata Aryati.

Kemudian berkaitan dengan penghargaan kreasi dan inovasi sosialisasi Pilgub NTB, Aryati mengaku tidak terlepas dari kerja keras jajarannya dalam menyajikan informasi melalui sosialisasi dan pendidikan politik kepada masyarakat sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilgub lalu. Aryati mengaku memanfaatkan berbagai momen untuk mensosialisasikan berbagai tahapan dan aturan pemilu, di samping mendorong masyarakat terutama wajib pilih untuk datang ke TPS. Seperti memanfaatkan momen festival, pagelaran kesenian, hingga lomba TPS Indah dan Unik. “Salah satunya di TPS ada yang menyiapkan tempat khusus dan menarik untuk berswafoto (selfi) sehingga membuat orang tertarik datang ke TPS terutama anak-anak muda sebagai pemilih pemula,” ungkapnya.

Dengan diraihnya dua penghargaan ini, Aryati menyampaikan terima kasih kepada KPU NTB dan berbagai pihak termasuk pemerintah dan masyarakat Sumbawa yang memberikan dukungan dalam menyukseskan Pilgub NTB yang aman dan damai. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi KPU Sumbawa untuk terus memberikan layanan terbaik kepada peserta pemilu maupun masyarakat di masa yang akan datang. (JEN/SR)

 

 

 

Lihat Juga

Peringati Hari Pahlawan, Wagub NTB Sampaikan Pesan Maulana Syaikh

MATARAM, SR (11/11/2018) Wakil Gubernur Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah M.Pd. menyampaikan salah satu pesan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *