Home / Kesehatan / Tidak Semua Pasien RSUD Asy-Syifa Dapat Ditangani Melalui BPJS

Tidak Semua Pasien RSUD Asy-Syifa Dapat Ditangani Melalui BPJS

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD ASYSYIFA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (27/09/2018)

Tidak semua pasien yang menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dapat menggunakan jasa asuransi tersebut dalam menerima pelayanan kesehatan.  Hal inilah yang dialami pasien BPJS yang ingin mendapat pelayanan medis di RSUD Asy Syifa Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Karena ada beberapa pasien yang tertimpa penyakit yang tidak dapat ditanggung BPJS.

Direktur RSUD Asy Syifa Sumbawa Barat, dr. Carlof Sitompul yang ditemui belum lama ini mengakui hal itu bahwa tidak semua pasien dapat ditangani melalui BPJS. Ia menyebutkan beberapa jenis kasus kesehatan yang tidak bisa diklaim di RSUD Asy Syifa Sumbawa Barat, karena tidak bisa mendapatkan jaminan perlindungan kesehatan mendasar dari BPJS. Di antaranya, penyakit khusus seperti narkoba dan percobaan bunuh diri. “Pelayanan terhadap kasus penyalahgunaan narkotika dan obat obat terlarang lainnya (Narkoba) serta kasus akibat percobaan bunuh diri tidak bisa diklaim BPJS di RSUD Asy Syifa Sumbawa Barat,” terang dr. Carlof.

Selain kasus narkoba dan percobaan bunuh diri. Penyakit karena hobby juga tidak bisa diberikan jaminan kesehatannya oleh BPJS di RSUD Asy Syifa Sumbawa Barat. Maksud dari penyakit karena hobby, lanjut dr. Carlof yaitu cedera yang dialami saat sedang melakukan hobbynya. “Penyakit karena hobby tidak bisa dijamin BPJS, misalnya seperti hobby nembak kemudian tidak sengaja kena hantaman gagang senapan ke matanya sehingga mengakibatkan luka,” imbuhnya memberi contoh.

Kendati demikian, pelayanan dan penanganannya terhadap kasus tersebut tetap diberikan dengan maksimal. “Pelayanannya tetap dilaksanakan di rumah sakit, tapi BPJS tidak menanggungnya,” tukasnya. (HEN/SR)

Lihat Juga

Akibat Gempa, RSUD Asy-Syifa Kesulitan Dapatkan Pendonor Darah

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD ASY-SYIFA KABUPATEN SUMBAWA BARAT SUMBAWA BARAT, SR (16/10/2018) Setiap tahunnya Rumah Sakit ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *