Home / Ekonomi / Lomba Makan Jagung Warnai Gebyar Pesta Jagung Festival Pesona Moyo

Lomba Makan Jagung Warnai Gebyar Pesta Jagung Festival Pesona Moyo

SUMBAWA BESAR, SR (18/09/2018)

Pantai Saliper Ate Labuhan Sumbawa Kecamatan Badas, Selasa (18/9) pagi, padat dan semarak. Pasalnya di lokasi yang diplot menjadi salah satu destinasi wisata ini tengah berlangsung Gebyar Pesta Jagung–rangkaian Festival Pesona Moyo Tahun 2018. Acara tersebut dihadiri Bupati Sumbawa didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sumbawa, Pimpinan DPRD, Dandim 1607 Sumbawa, Ketua Persit Chandra Kirana, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda, Pimpinan OPD, dan pejabat dari Pengadilan Negeri Sumbawa. Pembukaan Gebyar Pesta Jagung ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis jagung rebus oleh Bupati Sumbawa kepada 6 orang peserta lomba makan jagung. Diikuti dengan beragam lomba lainnya antara lain lomba prakarya dari bahan dasar jagung, lomba hasil olahan jagung, dan lomba makan jagung.

Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril, B.Sc menyampaikan bahwa sebagai salah satu komoditi unggulan Kabupaten Sumbawa, produktifitas jagung akan terus dikembangkan melalui Program Gerakan Masyarakat Agribisnis Jagung Integrasi Sapi (Gemajipi), yang berisi kebijakan, strategi dan langkah aksi Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama stakeholders terkait. Melalui upaya secara sinergis dan berkesinambungan ini diharapkan mencapai target produksi jagung satu juta ton pertahun, di samping mewujudkan swasembada jagung sekaligus pemanfaatan limbah jagung untuk pakan ternak.

Dalam rangka menggerakkan masyarakat untuk mengkonsumsi jagung sebagai bahan pangan local, kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu strategi bagi pengembangan agroindustri/agrobisnis jagung dengan konsep zero waste/tanpa limbah di Kabupaten Sumbawa.
Bupati berharap dengan besarnya potensi jagung, masyarakat Sumbawa dapat menjadikan jagung sebagai sumber pangan alternatif selain beras, dan akan terus berupaya agar pembangunan pertanian ke depan lebih difokuskan pada pengembangan nilai tambah produk melalui pengembangan industri yang mengolah hasil jagung menjadi produk olahan, baik produk antara (intermediate product), produk semi akhir (semi finished product), maupun produk akhir (final product).

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Tarunawan, S.Sos., SP melaporkan bahwa hajat yang ingin disampaikan dalam Gebyar Pesta Jagung adalah untuk memotivasi petani menanam dan mengembangkan tanaman jagung, agar tidak ada satu jengkal tanahpun yang kosong. Selain itu upaya diversifikasi pangan sebagai salah satu ikhtiar mengurangi ketergantungan terhadap beras. Kemudian mendorong dan meningkatkan kreatifitas dalam mengolah produk olahan jagung dan kreasi lainnya dengan bahan jagung, mengangkat citra makanan berbahan dasar jagung agar mampu bersaing dengan makanan berbahan beras dan terigu, serta meningkatkan pemahaman akan pentingnya meningkatkan kualitas hidup.

Untuk diketahui pemenang lomba makan jagung rebus kategori pria tingkat umum adalah Ardiansyah dengan jumlah nilai 108 sebagai juara 1, dan kategori pria tingkat sekolah dimenangkan Ahmad Suhairi. Sedangkan pemenang untuk kategori wanita umum adalah Sumiatun dengan nilai 100. Untuk lomba produk olahan jagung berhasil dimenangkan siswi-siswi MAN 1 Sumbawa dengan nilai 90. Kemudian hasil penilaian lomba pra karya berbahan jagung berhasil dimenangkan Hanora dengan nilai 432. Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi stand perlombaan oleh Bupati Sumbawa beserta Ketua TP PKK Kab. Sumbawa, dan tamu undangan lainnya. Dalam acara tersebut panitia membagikan berbagai macam doorprice kepada para pengunjung. (JEN/SR)

Lihat Juga

Dana Cair, KSB Bangun Ratusan Rumah Korban Gempa

SUMBAWA BARAT, SR (18/10/2018) Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, MM di hadapan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *