Home / Ekonomi / Staf Khusus Menpar Usul Barapan Kebo Dibuat Festival Tersendiri
Barapan, Salah satu tradisi budaya yang secara tidak langsung menarik minat masyarakat untuk memelihara kerbau

Staf Khusus Menpar Usul Barapan Kebo Dibuat Festival Tersendiri

SUMBAWA BESAR, SR (16/09/2018)

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Kebudayaan, Taufik Rahzen, menyarankan agar barapan kebo di Kabupaten Sumbawa terpisah dengan festival lainnya, misalnya Festival Pesona Moyo. Barapan Kebo harus dibuat festival tersendiri. Menurut Bang TR—sapaan Taufik Rahzen sat ditemui kemarin, barapan kebo merupakan salah satu bentuk pertunjukkan budaya yang unik, eksotik, dan partisipasi masyarakatnya begitu tinggi karena dapat melibatkan banyak orang baik itu penonton, peserta maupun pemilik kerbau. Dengan adanya pagelaran semacam ini, kerbau akan memiliki nilai ekonomis yang tinggi apabila menang. “Eksotiknya dalam pertunjukkan ini sebenarnya melawan dirinya sendiri, dalam artian tidak bersaing dengan orang lain atau dipasangkan dalam berkompetisi untuk menuju Saka, disamping keseimbangan, ketepatan, dan kecepatan untuk meraih suatu tujuan, nah hal itulah yang disenangi oleh orang-orang barat dan orang Asia,” jelas Bang TR.

Bang TR yang tercatat sebagai salah satu budayawan nasional itu mengungkapkan kerbau dapat menjadi binatang utama bagi orang Asia tidak hanya simbol dan binatang fungsional tapi juga teman permainan seperti halnya masyarakat Sumbawa yang memiliki permainan Barapan Kebo. “Jadi sekali lagi perlu adanya festival khusus tentang kerbau sebab kerbau ini hanya ada di Asia dan tidak ada di Eropa,” sarannya.

Namun Bang TR mengusulkan agar pagelarannya dikembangkan, yakni Barapan tidak hanya dilaksanakan secara individu tetapi secara berkelompok. Ini akan menjadi daya tarik pariwisata sekaligus permainan budaya dari masyarakat. Bang TR juga berharap kepada pemerintah setempat agar mengupayakan arena khusus untuk barapan kerbau, mengacu pada kekuatan kerbau yakni jarak tempuh kerbau, keamanan peserta dan penonton serta kemudahan akses memuju arena. (SR)

Lihat Juga

Presiden Minta Divestasi Freeport Dituntaskan Tahun ini

JAKARTA, SR (30/11/2018) Presiden Joko Widodo beserta jajaran terkait kembali melakukan pembahasan mengenai pelaksanaan divestasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *