Home / Pemerintahan / Bupati Sumbawa Resmi Lantik 17 Kades Hasil Pilkades Serentak

Bupati Sumbawa Resmi Lantik 17 Kades Hasil Pilkades Serentak

SUMBAWA BESAR, SR (15/08/2018)

Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril B.Sc resmi melantik 17 kepala desa hasil Pilkades serentak, Rabu (15/8) sore tadi. Hanya satu kades yakni Kades Pamanto Kecamatan Empang yang tidak terlihat. Dari hasil konfirmasi, kades bersangkutan sedang melaksanakan ibadah haji di Baitullah. “Dan dari 18 kepala desa terpilih, hari ini saya melantik 17 kepala desa secara serentak, karena seorang kepala desa terpilih sedang menunaikan ibadah haji, yaitu Desa Pamanto Kecamatan Empang,” kata Bupati saat memberikan sambutan usai pelantikan di Lantai III Kantor Bupati. Hadir menyaksikan pelantikan ini di antaranya Wakil Bupati Drs. H. Mahmud Abdullah, Pimpinan DPRD Dr. Drs. A. Rahman Alamudy SH M.Si dan Kamaluddin ST M.Si, Sekda Drs. H. Rasyidi Mukhtar, para asisten, kepala OPD, mantan penjabat Kades, istri kades terpilih dan beberapa tamu undangan.

Bupati mengaku bersyukur karena pelaksanaan Pilkades yang berlangsung pada 18 Juli 2018 dan diikuti 64 calon kades di 18 desa yang tersebar di 14 kecamatan, berjalan damai dan lancar. Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak ini merupakan sebuah peristiwa monumental dalam dinamika demokrasi tingkat desa di Kabupaten Sumbawa yang terus tumbuh di tengah-tengah perkembangan pembangunan daerah.

Lebih jauh dikatakan Bupati, bahwa proses pergantian kepemimpinan desa melalui Pilkades serentak sesungguhnya merupakan suatu hal yang biasa dalam pemerintahan. Sebagai wadah untuk menampung aspirasi politik masyarakat sekaligus sarana pergantian atau kelanjutan pemerintahan desa, Pilkades diharapkan mampu memenuhi keinginan dan harapan masyarakat desa. Untuk itu hendaknya kegiatan (pelantikan) pada hari ini bisa dijadikan momentum sekaligus titik awal untuk membangun partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa, serta pemberdayaan masyarakat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Sumbawa, saya mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang telah berhasil merebut simpati mayoritas masyarakat dan dipercaya untuk mengemban amanah sebagai kepala desa periode 2018-2024. Saya berharap agar saudara-saudara dapat menjaga kepercayaan masyarakat ini dengan sebaik-baiknya, menjalankan amanah dan bekerja dengan ikhlas dan sepenuh hati dalam memimpin dan melayani masyarakat desa di tempat saudara bertugas,” ucapnya.

Di bagian lain Bupati meminta kepala desa terpilih untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu. Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, semua warga sudah menjadi tanggung jawabnya. Sebagai seorang pemimpin hendaknya juga dapat menerima kritik dan saran dari masyarakatnya serta melaksanakan tugas yang telah diamanahkan dengan segenap kemampuan yang ada.

Dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para Penjabat Kepala Desa yang telah menuntaskan tugasnya sebagai kepala desa dengan baik. “Kiranya, pengabdian saudara-saudara kepada desa dan masyarakat masih dapat dilanjutkan meskipun tidak terikat pada jabatan tertentu. Semoga pengabdian saudara-saudara menjadi sebuah amal kebaikan yang diterima Allah SWT.

Kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik sebagai kepala desa, saya ucapkan selamat bertugas. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan perlindungan-Nya,” demikian Bupati. (JEN/SR)

Lihat Juga

Banyak Jabatan Lowong, Bupati Pastikan Gelar Mutasi Bulan Depan

 SUMBAWA BESAR, SR (16/11/2018) Dalam dua bulan ke depan banyak pejabat di lingkup Pemkab Sumbawa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *