Home / HukumKriminal / Terindikasi Gunakan Ijazah Palsu, Kades Lantung Padesa Tetap Dilantik
Kepala BPM-PD Sumbawa, Dr. Ikhsan Safitri M.Sc

Terindikasi Gunakan Ijazah Palsu, Kades Lantung Padesa Tetap Dilantik

SUMBAWA BESAR, SR (15/08/2018)

Meski diindikasikan menggunakan ijazah palsu sebagai persyaratan untuk menjadi Calon Kepala Desa pada Pilkades serentak belum lama ini, namun Kepala Desa (Kades) Padesa Kecamatan Lantung terpilih, Syaharuddin tetap dilantik pada hari ini, Rabu, 15 Agustus 2018. Kades Padesa terpilih ini dilantik di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, sekitar pukul 14.00 Wita. Saat bersamaan Kades Padesa terpilih ini juga tengah menjalani proses hukum karena kasus dugaan ijazah palsunya tengah ditangani penyidik Reserse dan Kriminal Polres Sumbawa. Sejumlah saksi telah diperiksa termasuk Kades terpilih tersebut. Rencananya penyidik akan bertolak ke Kabupaten Bima melakukan pemeriksaan terhadap Kadis Dikbudpora di sana, Drs. A. Zubair HAR yang sebelumnya secara tertulis telah menyatakan ijazah paket B atas nama Syaharuddin tidak sah dan tandatangannya selaku Kadis dipalsukan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Dr. H. Ikhsan Safitri mengakui pelantikan kades terpilih Desa Padesa tetap dilakukan. Pertimbangannya karena seluruh aturan yang ada, tidak ada satupun klausul yang memungkinkan untuk ditundanya pelantikan atau tidak dilantik. “Pertimbangannya normatif, dari kajian hukum. Tidak memungkinkan untuk ditunda atau tidak dilakukan pelantikan. Semuanya mengamanatkan untuk dilantik,” tegasnya.

Diakuinya, Kades Terpilih Padesa memang terindikasi menggunakan ijazah tidak sah atau palsu. Namun pihaknya tidak serta merta menghentikan ataupun menunda pelantikan. Karena kajian hukumnya mengatakan bahwa kades terpilih harus segera dilantik. Mengenai adanya persoalan hukum, menurutnya, itu ranah yang berbeda. Adanya indikasi ini akan dijadikan sebagai bukti di pengadilan. Jika nantinya dari keputusan pengadilan sudah inkrach dan menyatakan yang bersangkutan bersalah, maka barulah dilakukan pemberhentian. (JEN/SR)

Lihat Juga

Majelis Adat LATS Kecam Aksi Perampokan di Pulau Moyo

SUMBAWA BESAR, SR (20/09/2018) Salah satu yang mendukung berkembangnya pariwisata di Kabupaten Sumbawa adalah keamanan. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *