Home / Kesehatan / Meriahkan HUT RI, IKA PMII Sumbawa Gelar Aksi 100 Kantong Darah

Meriahkan HUT RI, IKA PMII Sumbawa Gelar Aksi 100 Kantong Darah

SUMBAWA BESAR, SR (12/08/2018)

Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Kabupaten Sumbawa menggelar aksi 100 kantong darah, Sabtu (11/8) kemarin. Kegiatan bertajuk “dari IKA PMII untuk Sumbawa” itu dipusatkan di Taman Mangga. Dari kegiatan tersebut, organisasi yang dinahkodai Wakil Pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa, H. Ilham Mustami, S.Ag ini berhasil mengumpulkan 50 kantong darah. Meski belum berhasil mencapai target 100 kantong, namun 50 kantong itu tergolong besar untuk ukuran aksi donor darah yang pernah diselenggarakan di wilayah kota sebelumnya. “50 kantong ini termasuk banyak kalau dibandingkan dengan donor darah yang pernah ada dalam kota. Seperti di Taman Mangga ini, biasanya ada yang 25 kantong dan 30 kantong saja,” terang salah satu petugas UTD PMII Sumbawa usai kegiatan.

Pantauan media ini, aksi 100 kantong darah IKA PMII diikuti ratusan peserta. Mulai dari alumni PMII, kader PMII, perwakilan pelajar SMA/SMK dalam kota, perwakilan mahasiswa perguruan tinggi hingga masyarakat umum. Sayangnya, dari ratusan peserta hanya 50 orang memenuhi syarat donor. Sisanya terkendala berat badan dan Hb, serta tekanan darah rendah.

Ketua IKA PMII Sumbawa, H. Ilham Mustami, S.Ag dalam sambutannya mengungkapkan, aksi 100 kantong darah ini merupakan salah satu aktualisasi nilai perjuangan PMII yakni habluminannas (hubungan sesama manusia) dan hambluminallah (hubungan dengan Allah SWT). “Aktualisasi awalnya adalah donor darah,” kata H Ilham.

Dia memastikan bahwa program IKA PMII tidak akan terhenti melainkan tetap berlanjut dalam bentuk program-program strategis lainnya sebagaimana yang dirumuskan Mei lalu. Selain aksi donor darah,  dalam kesempatan itu IKA PMII menggalang dana untuk korban gempa Lombok. Dana yang terkumpul melalui dompet peduli IKA PMII mencapai puluhan juta plus pakaian layak pakai. Bantuan itu rencananya akan disalurkan pekan ini. (SR)

Lihat Juga

Sumur Wakaf ke-15 Global Wakaf-ACT DIY Diresmikan

YOGYAKARTA, SR (28/11/2018) Menjadi hari yang membahagiakan bagi warga Dusun Rejosari, Desa Serut, Kecamatan Gedangsari, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *