Home / MATARAM / Kian Marak, Pemda KSB Diminta Tertibkan Penjual Miras

Kian Marak, Pemda KSB Diminta Tertibkan Penjual Miras

SUMBAWA BARAT, SR (08/08/2018)

Peredaran minuman keras di daerah lingkar tambang wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) cukup marak. Karena itu Pemda KSB diminta untuk segera melakukan

penertiban terhadap para pelaku penjual miras di area lingkar tambang, terutama di dua kecamatan, yakni kecamatan Maluk dan Sekongkang. Para penjual miras ini tidak mengantongi ijin resmi dari pemerintah. Mereka bebas menjual minuman haram tersebut. “Saya mewakili masyarakat Maluk dan Sekongkang memohon Satpol-PP turun melakukan penertiban ke wilayah kami,” pinta Anggota DPRD KSB, Abidin Nasar SP.

Ia menyatakan, dari hasil penyisiran warga ada belasan penjual miras di wilayah Maluk dan Sekongkang tidak memiliki izin penjualan. Hal ini sangat meresahkan karena mereka mendatangkan miras dari luar daerah dan menjualnya bebas di tengah masyarakat. “Setahu saya hanya ada 2 tempat yang punya izin menjual di wilayah kami. Dan itu tempatnya khusus karena pemegang izinnya hotel-hotel,” ungkapnya.

Peredaran dan penjualan miras oleh oknum pelaku yang tidak memiliki izin tersebut, lanjut Abidin, tidak boleh didiamkan oleh pemerintah. Sebab selain melanggar aturan, dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat. Terutama mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. “Dampaknya pasti ada dan paling penting ini soal penegakan aturan daerah,” tegasnya.

Menurutnya, untuk mengontrol peredaran Miras di seluruh wilayah KSB, pemerintah harus tegas dalam menegakkan Perda Penyakit Masyarakat (Pekat). Di dalam Perda itu mengatur larangan peredaran Miras. Tidak terkecuali di Kecamatan Maluk dan Sekongkang yang notabene sebagai salah satu destinasi pariwisata. “Tegakkan Perda Pekat itu untuk menjaring para penjual miras yang tak berizin,” tandasnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyarankan, aparat satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) harus secara intens melakukan patroli di seluruh wilayah kecamatan. Tidak hanya di Kota Taliwang, karena pelanggaran aturan daerah juga banyak terjadi di kecamatan lain. “Tolong datang ke wilayah kami dan sisir semua yang jual miras tanpa izin itu,” desaknya.

Terakhir Abidin berharap kepada Satpol-PP tidak pandang bulu melakukan penertiban. Sebab ia memperkirakan para oknum pelaku penjual Miras tanpa izin ini biasanya ada yang membekingi. “Satpol-PP tidak boleh kalah dengan para pelanggar aturan. Dan saya secara pribadi mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan Satpol-PP sebelumnya yang telah menyita belasan ribu Miras yang dijual ilegal,” pungkasnya. (HEN/SR)

Lihat Juga

HBK Jenguk Warga Penderita Lumpuh dan Polio

MATARAM, SR (01/12/2018) Caleg DPR RI  Partai Gerindra Nomor Urut 1, dari Dapil NTB-2/ Pulau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *