Home / Pendidikan / Ingin Sukses di Parlemen, OMI Siapkan Sekolah Politik untuk Bacaleg
Direktur Utama OMI, Muammar Khadafie M.Pd.I

Ingin Sukses di Parlemen, OMI Siapkan Sekolah Politik untuk Bacaleg

Kerjasama dengan IISBUD dan UI

SUMBAWA BESAR, SR (05/08/2018)

Pemilu Legislatif 2019 mendatang tinggal menghitung bulan. Waktu ini terbilang singkat bagi para bakal calon anggota legislative (Bacaleg) terutama di daerah khususnya Kabupaten Sumbawa. Karena itu di waktu yang semakin mepet ini, para Bacaleg gencar melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan diri sekaligus membentuk basis dukungan. Meski demikian upaya Bacaleg ini tidak harus asal-asalan, melainkan perlu strategi yang jitu sehingga upayanya suskes mengantarnya menjadi wakil rakyat di parlemen. Celah inilah yang dibaca Olat Maras Institute (OMI) dan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Samawa Rea (IISBUD Sarea). Lembaga survey yang kian beken setelah hasil surveynya pada Pilgub NTB 27 Juni 2018 mampu mengalahkan lembaga survey top lainnya, itu menjalin kerjasama dengan Akses School of Recerch Universitas Indonesia (UI) menggelar In House Training Strategi Pemenangan Pemilu 2019 “Monografi Politik Berbasis Desa/Kelurahan dan Pemenangan Pemilu 2019. Ini bisa dikatakan sekolah politik bagi para Bacaleg yang ingin menjemput takdirnya di 2019.

Direktur Utama OMI, Muammar Khadafie M.Pd.I yang ditemui SAMAWAREA, Minggu (5/8) mengatakan, para Bacaleg sangat direkomendasikan untuk mengikuti sekolah politik ini. Pasalnya sekolah politik ini memberikan ilmu yang sangat bagus untuk pemenangan di 2019. Melalui sekolah politik ini para Bacaleg bisa membuat peta politik, dan peta basis dengan berbasiskan data bukan sekedar asumsi dan retorika belaka. “Pembicara yang kita hadirkan adalah konsultan politik nasional dari UI, mereka sangat pakar dan berpengalaman di bidang ini,” ungkap Khadafie Tongo—sapaan bekennya.

OMI mencoba memperpendek jarak ilmu, sistem, metode, dan materi dengan mendatangkan langsung pematerinya. Bagi yang ingin mengambil kesempatan ini dengan mengikuti sekolah politik tersebut, tentu ada konstribusi yang harus diberikan. “Jika di UI pelatihan dan pendidikan seperti ini harganya 3,5 juta rupiah, di sini Sumbawa hanya 3 juta itupun ada kortingan besar lagi,” ujarnya berpromosi.

Untuk diketahui, dalam In House Training ini menghadirkan dua pembicara berkompeten yakni oleh  Dr. Kamarudin (peneliti, trainer dan konsultan politik yang kini staf pengajar di Universitas Indonesia), dan Willy Rahman S.Sos selaku Peneliti Senior Akses School of Recerch Universitas Indonesia.

Ada beberapa sesi dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Sernu Raya Sumbawa Besar, 22 September mendatang. Sesi pertama tentang “Urgensi Monografi Politik Berbasis Desa/Kelurahan untuk Pemenangan Pemilu 2019”. Sesi kedua, “Managemen Monografi Politik dan Tekhnik Pengambilan Data”. Sesi ketiga, “Metodologi Monografi Politik Berbasis Desa/Kelurahan” dan Sesi keempat “Olah Data Dengan SPSS dan Laporan Monografi Politik”.

Dijelaskan Khadafie yang juga Wakil Dekan Ilmu Komunikasi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), monografi politik sangat bermanfaat. Yakni sebagai alat ukur tingkat popularitas partai politik dan calon legislatif di tingkat desa/kelurahan. Mengetahui fluktuasi/konsistensi dukungan/penolakan terhadap partai politik dan calon legislatif 2019. Mengetahui tingkat loyalitas pemilih terhadap partai politik dan calon legislatif 2019. Mengetahui faktor penyebab dukungan/penolakan terhadap partai politik dan calon legislatif 2019. Mengetahui isu/program yang diminati warga di tingkat desa/kelurahan. Monografi politik ini juga sebagai basis data untuk intervensi program, alat evaluasi efektivitas program pemenangan pemilu 2019 tingkat desa/kelurahan, dan mengetahui tokoh politik, agama, adat/suku, pemuda, perempuan, pengusaha dan jawara yang paling berpengaruh. “Kami telah membuka pendaftaran hingga 15 September mendatang, ayo segera hubungi kami. Bisa di kontak person Khadafie : 082236709531,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

 

Lihat Juga

Setelah Jabat Wakapolri, Presiden Lantik Syafruddin sebagai Menteri PAN RB

JAKARTA, SR (15/08/2018) Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *