Home / Kesehatan / Imunisasi MR di Sumbawa Ditargetkan Sasar 123.497 Anak

Imunisasi MR di Sumbawa Ditargetkan Sasar 123.497 Anak

SUMBAWA BESAR, SR (02/08/2018)

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc mencanangkan kampanye Imunisasi Measles dan Rubella (MR), Rabu (1/8) pagi. Kegiatan yang dipusatkan di SDN 2 Utan, Kecamatan Utan ini ditandai dengan pemukulan gong. Imunisasi yang berlangsung selama sebulan penuh ini akan menyasar 123.497 anak-anak di daerah ini.

Dalam sambutannya, Bupati Haji Husni mengatakan, program kesehatan terutama imunisasi merupakan program penting dan menjadi prioritas utama, dari program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan imunisasi, terbukti dapat mencegah dan mengurangi kejadian sakit, cacat, dan kematian.

Dijelaskan, bahwa pembangunan bidang kesehatan di Kabupaten Sumbawa, diarahkan dalam rangka mengarahkan dan menjadikan masyarakat Sumbawa yang hebat dan bermartabat. Pemerintah sangat mendukung pelaksanaan kegiatan imunisasi Measles (campak) dan Rubella, karena sangat berhubungan dengan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Diketahui bahwa penyakit tersebut memberikan dampak yang buruk hingga dapat menimbulkan kematian, karena diikuti dengan munculnya penyakit lain. Dikatakan juga, dengan memberikan imunisasi Measles dan Rubella, sebagai upaya pemerintah untuk menyiapkan generasi yang sehat dan terlindungi dari penyakit campak (Measles) dan Rubella.

Lebih jauh Bupati menjelaskan, negara ini telah diakui oleh WHO sebagai salah satu negara yang telah mampu membebaskan diri dari Polio pada tahun 2014 lalu. Seperti halnya pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional untuk Polio tersebut, Bupati berharap pelaksanaan imunisasi Measles Rubella yang akan dilaksanakan dalam 2 tahap di Bulan Agustus dan September nanti, juga dapat berjalan sukses. “Saya meminta kepada sahabat sekalian yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini serta swasta, untuk turut menyukseskan kegiatan akbar ini. Sehingga apa yang kita cita-citakan untuk mewujudkan generasi emas NTB, yang sejalan dengan tujuan dari Pemerintahan Husni-Mo yakni Sumbawa Hebat dan Bermartabat dapat kita wujudkan melalui imunisasi Measles dan Rubella ini,” ujar Bupati.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, Drs. H. Didi Darsani, A.Pt. dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan Bulan Imunisasi Measles dan Rubella tingkat Kabupaten Sumbawa dicanangkan di Kecamatan Utan dan diikuti oleh kecamatan-kecamatan lainnya. Kegiatan imunisasi tersebut dilakukan selama sebulan penuh, dengan menyasar sekitar 123.497  anak-anak yang berumur 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun. Imunisasi dilaksanakan dengan cara mengunjungi sekolah-sekolah dan Posyandu.

Dilaporkan pula, pelaksanaan imunisasi tersebut dibagi dalam dua sesi, yaitu pada Bulan Agustus dan September. Untuk Agustus, imunisasi dilakukan pada anak-anak PAUD sampai anak-anak kelas 3 SMP, yang diperkirakan masih berusia di bawah 15 tahun. Sedangkan pada Bulan September, imunisasi ditujukan untuk anak-anak berusia di atas 9 bulan sampai 3 tahun. Ditambahkan, pelaksanaan kegiatan tersebut ditargetkan di atas 95%, karena diinginkan Indonesia dan dunia harus bebas vaksin campak pada tahun 2020 nanti.

Turut hadir dalam acara pencanangan tersebut, Anggota Forkopimda, Asisten, Pimpinan OPD, Ketua TP. PKK Sumbawa, camat, kepala desa, guru dan jajaran Dinas Kesehatan. (JEN/SR)

Lihat Juga

RSUD Asy-Syifa Pastikan Ketersediaan Obat Tahun Ini Lebih Baik

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD ASY-SYIFA KABUPATEN SUMBAWA BARAT SUMBAWA BARAT, SR (14/10/2018) Pelayanan Rumah Sakit ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *