Home / Ekonomi / RPHJP KPH Brang Beh Upaya Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

RPHJP KPH Brang Beh Upaya Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

SUMBAWA BESAR, SR (16/05/2018)

Kabupaten Sumbawa mempunyai luas daratan sebesar 664.398 Ha, dengan luas kawasan hutan mencapai 383.675 Ha atau 57,75% dari luas daratan. Peranan hutan sebagai penyangga ekosistem kehidupan manusia sangatlah penting, sehingga dibutuhkan pengelolaan yang baik agar terwujud hutan yang lestari. Demikian diungkapkan Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah ketika membuka secara resmi kegiatan Konsultasi Publik Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang KPH Brang Beh di Kantor Camat Lunyuk, Selasa (15/5).

Terkait pentingnya pengelolaan hutan, Wabup berharap agar seluruh instansi pemerintah, masyarakat dan pelaku usaha yang memanfaatkan kawasan hutan dapat mencermati rencana pengelolaan hutan jangka panjang Balai KPH Brang Beh dan memberi masukan konkrit sehingga rencana dapat dilaksanakan dengan baik. Khusus kepada masyarakat sekitar kawasan, diharapkan keterlibatannya dalam pengelolaan hutan sehingga keberadaan kawasan dapat memberi manfaat bagi keberlangsungan hidup dan memberikan peluang usaha bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Hutan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, selaku Ketua Panitia,  M. Nur Faturahman SH melaporkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut memberikan arahan sekaligus acuan bagi KPH dan seluruh pemangku kepentingan lainnya untuk mewujudkan cita-cita dan pengelolaan sumber daya hutan sesuai visi dan misi serta arah pengembangan yang disepakati, dengan merefleksikan serangkuman aktivitas pengelolaan, konservasi dan perlindungan sumberdaya hutan di wilayah KPH Brang Beh, yang dijabarkan berdasarkan kondisi-kondisi yang dihadapi. Dari kegiatan konsultasi publik tersebut diharapkan bisa tersusun arahan rencana pengembangan kelembagaan KPH Brang Beh yang memuat pengembangan SDM, pengadaan sarana dan prasarana, pembiayaan kegiatan, dan kegiatan lainnya menuju lembaga pengelolaan hutan yang professional, efektif dan efisien, dengan berbasisi kearifan lokal. (SR)

 

Lihat Juga

Status Gunung Merapi di Level II, Radius 3 KM Dikosongkan

BALI, SR (22/05/2018) Meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang ditandai dengan beruntunnya letusan freatik dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *