Home / Pendidikan / SDIT SC Gelar Purna Siswa Perdana: “Tetaplah Menjadi Generasi Rabbani”

SDIT SC Gelar Purna Siswa Perdana: “Tetaplah Menjadi Generasi Rabbani”

SUMBAWA BESAR, SR (15/05/2018)

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Samawa Cendekia (SC) Sumbawa Besar menggelar purna siswanya secara perdana, Selasa (15/5). Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Pantai Baru Labuhan Sumbawa ini dihadiri Bupati Sumbawa dan Ketua Yayasan Dea Mas—lembaga yang menaungi SMPIT, serta wali murid.

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah, Drs. H. Didi Darsani A.Pt., menyampaikan ucapan selamat, dan penghargaan kepada seluruh keluarga besar SDIT Samawa Cendekia yang telah ikut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Sumbawa. Secara khusus ucapan yang sama kepada para murid yang telah berhasil menyelesaikan proses pembelajaran di SDIT Samawa Cendekia. “Mudah-mudahan kalian mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barokah,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui bahwa pendidikan dasar merupakan suatu jenjang pendidikan yang paling penting keberadaannya. Setiap orang mengakui bahwa tanpa menyelesaikan pendidikan dasar atau sederajat, secara formal seseorang tidak mungkin dapat mengikuti pendidikan di level berikutnya. Besarnya peranan pendidikan dasar sangat disadari oleh semua negara di dunia dengan semakin meningkatnya investasi pemerintahnya pada sektor sekolah tersebut dari tahun ke tahun. Memperhatikan peranannya yang demikian besar itu, maka pendidikan dasar harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, baik secara social institusional maupun fungsional akademik. “Karena itu, kami atas nama pemerintah Kabupaten Sumbawa menyambut baik dan mengapresiasi kiprah SDIT Samawa Cendekia yang pada tahun ini dapat melaksanakan wisuda perdana bagi siswa-siswinya,” ujarnya.

Keberadaan SDIT Samawa Cendekia dapat menjadi alternatif pendidikan dasar dengan kurikulum yang integratif, yakni memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi suatu jalinan kurikulum. Bahkan SDIT Samawa Cendekia ini juga menekankan keterpaduan dalam metode pembelajarannya, sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif (aqliyah), afektif (ruhiyah) dan psikomotorik (jasadiyah), agar siswanya mempunyai kompetensi seimbang antara ilmu qauliyah (wahyu) dan ilmu qauniyah (ilham), antara fikriyah, ruhiyah dan jasadiyah, sehingga mampu melahirkan generasi muda muslim yang berilmu, berwawasan luas dan bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

Sebelumnya Kepala SDIT SC, Sambirang Ahmadi S.Ag., M.Si mengungkapkan awalnya siswa SDIT ini hanya berjumlah 12 orang. Saat naik ke kelas 2, angkatan pertama ini bertambah menjadi 25 orang hingga pada Purna Perdana Siswa SDIT ini. Dalam perjalanannya siswa SDIT Samawa Cendekia ini sangat diperhitungkan baik di level kabupaten, propinsi bahkan nasional. Telah banyak berprestasi yang ditorehkan termasuk dalam 2 tahun terakhir ini telah mewakili sampai ke tingkat nasional dan regional. Sebagian besar lulusan SDIT SC ini sebagian besar melanjutkan ke SMPIT SC. Sisanya berkiprahnya keluar daerah, ada juga ke sekolah-sekolah di dalam daerah. Ustadz Sambirang—akrab Kepsek ramah ini disapa berharap kepada siswa yang melanjutkan ke sekolah selain SMPIT SC agar selalu menjalankan nilai-nilai yang selama ini diperoleh di SDIT SC. Yakni nilai yang berkarakter rabbani yang selalu membaca dan mengamalkan Al-Qur’an. “Jadilah siswa yang unggul dalam segala hal dan selalu berprestasi,” pungkasnya. (SR)

 

Lihat Juga

Wagub NTB: Generasi Millenial Tidak Hanya Penentu Masa Depan

SURABAYA, SR (13/10/2018) Generasi millenial tidak hanya menjadi penentu bagi masa depan, tetapi sudah membawa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *