Home / Ekonomi / Inilah Kesan Tim Ahli Smart City Kemkominfo di Liang Bukal

Inilah Kesan Tim Ahli Smart City Kemkominfo di Liang Bukal

SUMBAWA BESAR, SR (15/05/2018)

Tim Ahli Smart City Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Dwi Elfrida Martina Simanungkalit menyempatkan waktu saat berada di Sumbawa, dengan mengunjungi beberapa obyek wisata. Antara Lain Liang Bukal dan Istana Dalam Loka, Senin (14/5). Wanita yang masih lajang ini berada di Sumbawa untuk kegiatan Sosialisasi Gerakan Menuju 100 Smart City. Menikmati obyek wisata ini, Dwi—panggilan akrabnya, ditemani Siti Masani Kasi Komunikasi Publik. “Ini bagian dari arahan pimpinan daerah untuk mengajak memperkenalkan obyek-obyek wisata kepada para tamu daerah termasuk kuliner, sentra produksi dan lainnya, di samping memperkenalkan potensi Sumbawa kepada publik melalui berbagai media,” kata Masani.

Tim Ahli Smart City Kemkominfo jebolan University of Massachusetts–Amherst USA ini tampak menikmati suasana Liang Bukal yang sangat eksotis dan memberikan kesan tersendiri baginya. Suasana sore hari di Liang Bukal menciptakan kesejukan, di tengah cuaca Sumbawa yang tergolong panas. Sambil menyusuri beberapa undakan menuju liang (gua), Dwi mengungkapkan kesannya. “Liang bukal terkenal dengan tempat kelelawar tetapi sekarang justru tidak terlihat satu pun kelelawar, atau mungkin belum saatnya pulang,” ujarnya.

Sambil menikmati kenyamanan fasilitas 4G atau 3G seluler yang sudah tersedia di wilayah itu, lebih lanjut Dwi menyarankan agar obyek wisata Liang Bukal ini bisa ditambahkan hiasan-hiasan atau ornament kelelawar walaupun tidak asli sehingga tetap ada unsur kelelawarnya, dan para pengunjung bisa mendapatkan kesan itu jika berkunjung ke Liang Bukal. Kedepan Dwi berharap pengelola obyek wisata Liang Bukal lebih professional.

Bersama Mirajuddin Kasi Aplikasi dan Tata Kelola e-Govt, Doni Triwardana Kasi Infrastruktur TI yang juga turut mendampingi, Dwi berpesan agar di lokasi ini disiapkan beberapa tong sampah yang dapat ditempatkan di beberapa spot. Sehingga jika ada kunjungan wisatawan, sampah-sampah dapat dibuang di tempatnya. Juga tempat bermain anak-anak agar ditambah arena dan jenis permainannya di samping safety kids, agar lebih nyaman seperti di luar negeri dan tidak akan mengalami kecelakaan apalagi jika ada anak- anak yang terlalu aktif. Selain itu Dwi menyoroti moda transportasi publik, dimana kedepan Dishub Sumbawa untuk memberikan dukungan lebih praktis bagi kelancaran menuju obyek-obyek pariwisata Kabupaten Sumbawa termasuk ke Liang Bukal. Dengan kelancaran transportasi obyek-obyek pariwisata di Sumbawa akan mudah dikunjungi. Selanjutnya menjelang maghrib, Dwi dan pendamping Dinas Kominfotik Sumbawa berkesempatan melihat-lihat Istana Dalam Loka. (SR)

Lihat Juga

Bank NTB Syariah Siap Biayai Pembangunan RSUD Sumbawa

SUMBAWA BESAR, SR (22/10/2018) Balai Benih Utama (BBU) Sering, Desa Kerato, Kecamatan Unter Iwis telah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *