Home / MATARAM / IKPMS-M Sukses Gelar Sumbawa Culture 2 di Tanah Rantau

IKPMS-M Sukses Gelar Sumbawa Culture 2 di Tanah Rantau

MALANG, SR (15/05/2018)

Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Sumbawa–Malang (IKPMS-M) sukses menyelenggarakan pementasan kebudayaan serta bazaar (makanan khas Sumbawa dan pariwisata) di Halaman Kampus UNISMA, Sabtu, (12/5) lalu. Acara yang mengangkat tema “Merajut Kebersamaan dalam Bingkai Kebudayaan Sumbawa” ini berhasil menarik ribuan pengunjung baik tamu undangan maupun yang berada di sekitar lokasi acara. Tidak sedikit mahasiswa asal Sumbawa serta perwakilan orda se-Nusantara seperti Lombok, Sumbawa Barat, Bima, Dompu, bahkan Kalimantan dan Jawapun antusias menyaksikan acara kolosal tersebut. Terlebih lagi lokasi acara berada di daerah strategis karena tidak jauh dari kampus lainnya.

Di antara kerumunan penonton di barisan kursi depan terlihat beberapa senior Sumbawa yang berdomisili di Malang seperti guru besar Universitas Brawijaya Prof. Dr. Umar Nimran, MA dan Dr. Abdul Aziz, SR yang mendapat kesempatan memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Sumbawa Culture 2 ini. Dalam sambutannya, senior yang mengajar di UB dan UI tersebut memberikan apresiasi kepada mahasiswa Sumbawa yang berada di Malang, khususnya panitia dan talent karena masih peduli dengan kearifan lokal budaya Tana Samawa. Ia pun berharap agar Pemerintah Daerah Sumbawa mendukung kegiatan seperti ini, terlebih lagi rutin dilaksanakan setiap tahun.

Pementasan kebudayaan Samawa seperti Tari Nguri, Tari Samalewa, Penampilan Taruna Dadara Samawa, Penampilan Pengantan Samawa, Bakilung, Rabalas Lawas, dan Ngumang sengaja difokuskan pada malam hari karena bertepatan dengan malam minggu. Sementara produk-produk yang ditawarkan pada bazaar seperti Manjareal, Susu Kuda Liar, Permen Susu, Madu Sumbawa, Sambal Masin, Minyak Sumbawa dan jajanan khas Sumbawa lain tidak luput menjadi sasaran pengunjung pada sore harinya. “Acara ini kami konsep seminimalis mungkin tanpa mengurangi nilai-nilai kebudayaan yang tetap menarik dipandang mata. Banyak sekali masalah dan dinamika yang terjadi saat persiapan hingga pelaksanaan acara lagi-lagi kami dibenturkan dengan persoalan fasilitas dan pendanaan. Tapi berkat kerja keras panitia, semua dapat teratasi,” ujar Ego Subandira selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Sumbawa Culture 2.

Ketua Umum IKPMS-M, Egi Khalikur Rahman Gani mengungkapkan kegiatan ini selain ajang silaturahim juga untuk mengenalkan budaya dan potensi wisata Kabupaten Sumbawa ke khalayak ramai. “Namun ada hal yang menurut kami tidak wajar, karena kami (IKPMS-M) adalah perpanjangan tangan Pemda Sumbawa tapi kami merasa kurang diperhatikan dan terkesan diabaikan. Meski demikian di sisi lain kami masih beruntung karena masih diperhatikan oleh ayahanda, ibunda dan kakanda senior yang berada di Malang. Berkat dukungan moril dan materil dari mereka serta konstribusi dari beberapa sponsor hingga acara ini dapat terselenggara,” ujarnya.

Selain itu, sambung Egi, suksesnya acara ini tidak terlepas dari kerjasama panitia dan talent yang sudah meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya. Karenanya Ia mengucapkan terimakasih kepada semua yang sudah terlibat dalam menyukseskan Sumbawa Cultre 2 tersebut. Ini menjadi bekal bagi generasi penerus selanjutnya untuk menggagas acara yang lebih besar ke depan, khususnya yang berhubungan dengan  promosi kebudayaan dan pariwisata daerah Samawa. “Saya berharap untuk tahun depan acara ini dapat dilaksanakan lebih besar lagi, tentunya dapat didukung oleh pemerintah daerah Sumbawa, karena dengan kegiatan ini kami dapat mengenalkan kebudayaan dan pariwisata Sumbawa kepada masyarakat luas,” harap Egi. (SR)

 

Lihat Juga

Baru Lulus SMA Dibekuk Simpan Ratusan Gram Sabhu dan Pil Koplo

BALI, SR (22/05/2018) Baru lulus SMA, IF harus ‘sekolah’ lagi. Namun sekolah kali ini di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *