Home / Pendidikan / Hebat !! Anak Pesisir Wakili Sumbawa di OSN SD Tingkat Propinsi

Hebat !! Anak Pesisir Wakili Sumbawa di OSN SD Tingkat Propinsi

SUMBAWA BESAR, SR (11/05/2018)

Berada di daerah terpencil dengan kondisi yang serba terbatas, tidak menjadi penghambat anak-anak pesisir Sumbawa untuk meraih prestasi. Mereka tidak kalah dengan anak-anak perkotaan yang dari segala sisi terbilang lebih maju. Hardita Sukmawati adalah bukti anak pesisir yang mampu mengalahkan anak-anak perkotaan. Murid kelas V SDN Teluk Santong Kecamatan Plampang tersebut berhasil mewakili Kabupaten Sumbawa pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Propinsi NTB. Hal ini setelah anak kedua pasangan Suhardi dan Masita yang lahir pada 31 Juni 2006 tersebut meraih juara pertama ajang yang sama di tingkat kabupaten.

Hardita Sukmawati tercatat sebagai murid yang memiliki kecerdasan. Sejak kelas 1 hingga kelas 5 saat ini tetap menyandang predikat sebagai juara kelas. Dengan kepintaran inilah guru pembimbing dan kepala sekolah mempercayakannya sebagai duta SDN Teluk Santong pada OSN SD tingkat kecamatan. Kepercayaan itu mampu dibuktikan Hardita dengan menyingkirkan saingannya yang berada di sekolah ternama wilayah Kecamatan Plampang. Demikian di tingkat kabupaten, putrid bertubuh mungil ini berhasil menyingkirkan ratusan pesaingnya dari berbagai SD di daerah ini sehingga berhak mewakili Sumbawa di tingkat Propinsi NTB.

Kepala SDN Teluk Santong, Arifuddin S.Pd., M.Pd mengatakan ambisi untuk meraih juara sudah diikhtiarkan sejak dia memimpin sekolah itu. Anak-anak yang diidentifikasi cerdas digodok dan dilatih. Seperti anak-anak yang berbakat di pelajaran Matematika dikumpulkan dan dibimbing guru mata pelajaran tersebut. Demikian dengan pelajaran lainnya. Mereka diikutkan dalam setiap kompetisi tingkat kecamatan. “Alhamdulillah sejak Tahun 2008 sampai sekarang SDN Teluk Santong selalu berada di tiga besar,” ucapnya.

Sementara Camat Plampang, Ir Nawawi berharap kepada para pendidik sebagai ujung tombak pencetak generasi berbakat di berbagai bidang ilmu agar terus melakukan pembinaan melalui kompetisi tingkat sekolah dan gugus. Sehingga dari kompetisi ini melahirkan bibit unggul. Sebagaimana telah dibuktikan muncul anak terbaik menjadi duta Kabupaten Sumbawa dari Teluk Santong melenggang ke Propinsi. “Mari kita berdoa semoga anakda Hardita Sukmawati menjadi yang terbaik dan mampu tembus ke tingkat nasional,” pintanya. (BUR/SR)

 

Lihat Juga

HMS: Revitalisasi Pramuka Penting untuk Hadapi Persaingan di Era Global

KOTA BIMA, SR (21/10/2018) Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) sebagai gerakan penumbuh sikap kepanduan generasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *