Home / MATARAM / Malang Bakal Heboh, IKPMS-M Siap Gelar Sumbawa Culture ke-2

Malang Bakal Heboh, IKPMS-M Siap Gelar Sumbawa Culture ke-2

MALANG, SR (08/05/2018)

Setelah sukses menggelar Sumbawa Culture perdana tahun lalu, Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Sumbawa-Malang (IKPMS-M) kembali melaksanakan kegiatan yang sama untuk kedua kalinya. Sumbawa Culture ke-2 ini diselenggarakan sebagai wujud apresiasi dan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal budaya Sumbawa serta memperkenalkan potensi Sumbawa di skup nasional. Sumbawa Culture kali ini akan dilaksanakan pada 12 Mei 2018 di Halaman Universitas Islam Malang (UNISMA). Pengisi acaranya pun adalah mahasiswa Sumbawa di Malang maksimal semester 6, dengan tujuan agar adanya regenerasi untuk kedepannya.

Humas Panitia IKPMS-M, Bella yang didampingi Haikal yang dihubungi SAMAWAREA, Selasa (8/5) menjelaskan, konsep yang digunakan dalam pagelaran itu adalah “Pangantan Basai” yang ditampilkan dengan drama yang dimulai dari awal pertemuan sampai proses Tokal Barema. Sehingga Tarian, Ngumang, Rabalas Lawas dan Bakelung dikemas dalam drama tersebut. Tidak hanya menampilkan acara drama saja, makanan khas daerah serta memamerkan keindahan tempat wisata Sumbawa pun ikut tampil dalam acara ini. Karena Sumbawa Culture ke-2 ini menjadi arena strategis untuk mempublikasikan keanekaragaman dan kekayaan Tana Samawa kepada masyarakat luar, baik nasional maupun internasional sebagai ikhtiar dalam memajukan dunia pariwisata Sumbawa serta membangun kesadaran dan rasa kebanggaan menjadi Tau Samawa. Mengingat, Sumbawa memiliki pesona kekayaan alam dan warisan budaya yang luhur dan unik.

Diharapkan, melalui Sumbawa Culture 2 ini, seluruh komponen masyarakat Sumbawa khususnya di Malang bisa semakin peduli terhadap tata nilai dan seni-budaya Samawa. kemudian kultur atau budaya masyarakat dalam segala segi harus tetap dilestarikan. Hal lainnya, adalah semangat kebersamaan dalam mempertahankan citra Kabupaten Sumbawa yang nyaman dan aman, serta ciri khas masyarakatnya yang ramah dan bersahabat. IKPMS-M juga mengundang senior-senior yang ada di Malang untuk menjalin tali silaturahmi antar senior. Mengingat juga acara ini juga sebagai wadah untuk mempersatukan masyarakat di Malang Raya guna menggerakkan budaya dan seni Sumbawa di tanah rantauan. Sehingga acara ini akan diselenggarakan sebagai agenda tahunan kepengurusan. (SR)

Lihat Juga

Wagub NTB Sambut Baik Kerjasama Pendidikan Dengan China

MATARAM, SR (22/10/2018) Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah menyambut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *