Tingkatkan Partisipasi Masyarakat KPU KSB Gelar Atraksi Budaya

oleh -60 Dilihat

 

SUMBAWA BESAR, SR (23/04/2018)

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa Barat menyelenggarakan kegiatan atraksi budaya lokal untuk meningkatkan partisipasi pemilih menyongsong 1 tahun pemilihan serentak 2019. Kegiatan yang dipusatkan di Alun Alun Kota Taliwang ini menampilkan budaya lokal seperti Tari Kipas, Bakelong, Sakeco, Baguntung dan Karapan Ayam.

Ketua KPU KSB yang diwakili Supriadi S.Pd selaku Divisi Sosialisasi dan Hubungan Masyarakat menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka menyongsong 1 Tahun Pemilihan Umum Serentak 2019, sehingga KPU KSB menggunakan pendekatan kearifan lokal dengan mengadakan atraksi budaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih di KSB. Seperti Baguntung (adat Sumbawa jaman dahulu untuk pisahkan sekam dengan beras). Kesenian ini dilestarikan dan biasanya ditampilkan setiap ada acara adat di Sumbawa untuk menyambut tamu. Kemudian Tari kipas yang ditampilkan oleh 6 orang gadis. Selanjutnya Sakeco merupakan salah satu bentuk seni yang bersumber dari Lawas. Sakeco banyak digemari masyarakat (Tau Samawa) Sumbawa. Sakeco dimainkan oleh dua orang yang merupakan pasangannya dan masing-masing memegang satu rabana (rebana). Rebana yang digunakan adalah bisa Rabana Ode atau Rabana Rango/Rabana Kebo (Rebana Besar). Penggunaan dua jenis rebana ini didasarkan pada temung yang akan digunakan. Hanya saja, pada saat Sakeco, rabana yang digunakan harus sejenis. Bakelong merupakan adat Sumbawa yang mengkreasi Lawas. Lawas merupakan perwujudan budi pekerti tau Samawa yang tertuang dalam keluhuran bahasa. “Lawas sebagai pilar budaya kita harus tetap mengacu pada dasar dasar falsafah adat bersendikan syara, syara’ bersendikan kitabullah. Itulah yang menjadi kiblat kita dalam berkarya dan beretika,” ujarnya.
Sampo Ayam adalah Barapan Ayam dimana ayam-ayam yang akan ikut lomba akan dipasangkan sejenis Noga dan menggunakan daun lontar sebagai alat penggiring untuk mengenai saka (pancang lontar). Komunitas ini memiliki ratusan anggota di seluruh penjuru Kabupaten Sumbawa Barat.

Baca Juga  ACT Segera Kirimkan Tim Kemanusiaan untuk Uighur

Cak Uwi sapaan akrab Supriadi menjelaskan bahwa tahun ini KPU KSB menargetkan tahun ini tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih lebih tinggi dari target nasional. Target nasional yaitu 75% dari masyarakat yang menggunakan hak pilih. Ini bukan hanya omongan kosong belaka pasalnya pemilihan tahun lalu tingkat partisipasi pemilih di KSB mencapai 80%.

Dalam kesempatan itu juga Cak Uwi mensosialisasikan partai yang ikut dalam kontestasi politik di tahun 2019 mendatang. Ada 20 partai politik, empat dari partai lokal 16 partai nasional. “Kami berharap kepada semua partai politik untuk sama sama mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan hak suaranya, untuk memilih Presiden dan wakil presiden, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten kota,” pintanya.
Dalam acara tersebut juga seluruh partai politik menyatakan sikap untuk berkomitmen menyukseskan pemilihan umum 2019 mendatang. (HEN/SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *