Home / Ekonomi / Wabup: Banyak yang Memiskinkan Diri untuk Menerima Bantuan Pemerintah

Wabup: Banyak yang Memiskinkan Diri untuk Menerima Bantuan Pemerintah

SUMBAWA BARAT, SR (14/04/2018)

Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST meminta Tim Khusus Perlindungan dan Pemberdayaan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu KSB, bukan hanya membenahi fisik dalam mengentaskan kemiskinan, namun juga moral. Dikatakan Wabup, negara ini punya konsep bagus mengentaskan kemiskinan. Banyak kegiatan dengan anggaran besar yang juga digelontorkan. Tetapi masalah ini tidak pernah tuntas selalu ada orang miskin, bahkan banyak orang yang memiskinkan dirinya demi untuk menerima bantuan dari pemerintah. “Melihat kondisi ini saya membandingkan dan mempelajari zaman kepemimpinan Umar Bin Khattab, di zaman Umar Bin Khatab sangat sulit mencari tempat untuk memberikan bantuan bahkan tidak ada orang yang mau dikatakan miskin, sehingga mereka tidak mau menerima bantuan dari pemerintah, padahal zaman dahulu untuk mendapatkan apa saja sangat sulit,” kata Wabup saat memimpin Rapat Koordinasi Pengetasan Kemiskinan di ruang rapat utama Gedung Graha Fitrah, belum lama ini. Rapat tersebut dihadiri Asisten Ekbang yang juga Kepala Bappeda dan Litbang, Dr. H. Amry Rakhman, Kepala Dinas Sosial serta Kepala dan perwakilan OPD lainnya.

Sekarang bisa lanjut Wabup, untuk mendapatkan apa yang diinginkan relatif mudah dengan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih. Namun yang terjadi tidak ada yang pandai bersyukur, sehingga orang kayapun mau menerima sedekah. “Ini masalah mental, kita harus mempunyai semangat dalam hidup tidak boleh kita berharap pemberian dari orang lain, dan kita pemerintah harus mampu merubah itu semua supaya bantuan yang kita berikan bisa berkah dan masyarakat bisa bersyukur, bukan menjadi musibah bagi masyakat dengan terus berharap bantuan dari pemerintah. Karena miskin bukan soal tidak punya harta, tetapi bagaimana kita membuat orang bersukur, karena banyak masyarakat kita memiliki harta yang ada tetapi tidak bersyukur,” ucap orang nomor dua di KSB ini.

Wabup pun menginstruksikan Kepada Bagian Kesra Setda KSB untuk mengampanyekan terkait moral kemiskinan melalui khutbah Jumat minimal sekali setiap bulannya. Materi disiapkan dengan ayat ayat yang berbeda kemudian disebar ke masjid di seluruh KSB.

Pemimpin yang dikenal tegas ini menyatakan langkah ini harus terus dikampanyekan, bukan hanya sekali tapi ini dibuat menjadi program jangka panjang, karena tugas pemerintah hanya menyampaikan sedangkan hasil diserahkan kepada ALLAH, karena dalam Islam tidak boleh ada paksaan. (HEN/SR)

Lihat Juga

TAGANA Beraksi Renovasi Rumah Perawan Tua

LOMBOK TENGAH, SR (24/04/2018) Ma’nah wanita paruh baya berumur 55 tahun kini tidak lagi memiliki ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *