Home / Kesehatan / Pemda KSB Tambah 12 Dokter Umum untuk Puskesmas

Pemda KSB Tambah 12 Dokter Umum untuk Puskesmas

SUMBAWA BARAT, SR (14/04/2018)

Pelayanan kesehatan di sejumlah puskesmas wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan meningkat. Hal ini seiring dengan akan bertambahnya 12 dokter umum yang akan memperkuat pelayanan di pusat kesehatan masyarakat tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa Barat, H. Tuwuh S.Ap mengakui bahwa Tahun 2018 ini akan ada penambahan 12 dokter umum di setiap puskesmas terutama Puskesmas yang padat pengunjung. Pihaknya sudah mengajukan permintaan 6 dokter umum PNS dan juga sudah disiapkan anggaran untuk merekrut 6 dokter umum sukarela. Saat ini sudah ada yang melamar untuk menjadi dokter umum. Nanti akan dikeluarkan SK PTT-nya, sedangkan untuk PNS menunggu rekrutmen PNS pertengahan tahun ini. “Langkah ini kita ambil karena 7 dari 9 puskesmas di KSB masih memiliki satu orang dokter umum, sehingga harus bekerja ekstra, tidak ada dokter untuk gantian piket, sehingga dokter masuk pagi sampai jam 4, dari jam 4 sampai pagi sifatnya konsultasi. Tapi kalau ada pasien yang emergency maka dokter akan datang ke puskesmas tanpa terikat waktu,” bebernya.

Yang lebih memprihatinkan lagi, dokter tersebut sulit untuk mengambil cuti. Ini belum termasuk ketika dokter sakit atau keadaan darurat lainnya yang tidak memungkinkan dokter masuk kerja. Dengan kondisi inilah pihaknya berupaya menambah tenaga medis khususnya dokter umum. Apalagi saat ini ada dua dokter yang lulus menjadi dokter spesialis sehingga dokter tersebut harus bekerja dengan ilmu spesialisasinya dan meninggalkan tugasnya sebagai dokter umum. Terpaksa dokter yang ada dirolling dari puskesmas yang dokternya lebih dari satu untuk memenuhi kebutuhan puskesmas tersebut. “Sampai saat ini semua puskesmas ada dokternya walaupun satu, dan sampai saat ini pelayanan tetap berjalan normal,” pungkasnya. (HEN/SR)

Lihat Juga

TAGANA Beraksi Renovasi Rumah Perawan Tua

LOMBOK TENGAH, SR (24/04/2018) Ma’nah wanita paruh baya berumur 55 tahun kini tidak lagi memiliki ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *