Home / Kesehatan / Pustu Tolo Oi Rusak Parah, Pelayanan Kesehatan Terganggu

Pustu Tolo Oi Rusak Parah, Pelayanan Kesehatan Terganggu

SUMBAWA BESAR, SR (30/03/2018)

Puskesmas Pembantu (Pustu) yang berada di Desa Tolo Oi, Kecamatan Tarano sudah tidak layak lagi dijadikan tempat masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Pasalnya bangunan fasilitas kesehatan di daerah perbatasan Sumbawa dan Kabupaten Dompu itu, dalam kondisi rusak berat. Atap dan ruang pelayanan rusak. Plapon di semua ruangan rusak dan berlubang. Saat musim panas, sinar matahari dari atap menembus ruangan. Ketika musim hujan bocor dan air memenuhi ruangan. Sebagian atap genteng sudah runtuh ke tanah. Belum lagi kusen pintu dan jendela Pustu, lapuk dimakan rayap. Tentu saja pelayanan kesehatan di Pustu itu terganggu.

Imam Mawardi—salah satu petugas kesehatan di Pustu Tolo Oi mengakui kondisi Pustu tersebut. Kerusakan ini sudah ada sejak dirinya pertama bertugas Tahun 2011 lalu. Namun kondisi ini terlihat semakin parah sejak dua tahun terakhir karena genteng banyak yang jatuh dan bagian plapon hampir di semua ruangan berlubang. Akibatnya saat hujan turun Pustu bocor dan pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang datang berobat terganggu. Untuk mengantisipasi hal itu petugas terpaksa jemput bola dengan cara mendatangi rumah rumah untuk memberikan pelayanan kesehatan terutama bagi warga yang dalam kondisi sakit.

Sementara itu Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah yang ditemui belum lama ini mengaku melihat langsung kondisi Pustu saat mendampingi Menteri Kominfo ke Tolo Oi untuk meresmikan akses dan fasilitas internet. Orang nomor dua di Kabupaten Sumbawa ini berjanji akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memperbaiki Pustu tersebut. “Secepatnya, tahun ini akan lansung dilakukan perbaikan fisik gedung termasuk menambah fasilitas kesehatan di pustu ini,” janjinya. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Pemda KSB Tambah 12 Dokter Umum untuk Puskesmas

SUMBAWA BARAT, SR (14/04/2018) Pelayanan kesehatan di sejumlah puskesmas wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *