Home / HukumKriminal / Melanggar, Tiga Pengendara Malah Diberi SIM Gratis

Melanggar, Tiga Pengendara Malah Diberi SIM Gratis

SUMBAWA BESAR, SR (16/03/2018)

Ayu Sukma Utami, Herniwati dan Adi—adalah tiga pengendara sepeda motor yang beruntung. Bukannya ditilang karena tidak memiliki SIM, tiga pengendara tersebut justru diberikan hadiah special oleh Kasatlantas Polres Sumbawa. Pemberian hadiah berupa SIM Gratis ini dilakukan saat ketiganya terjaring Operasi Keselamatan Gatarin 2018 yang dipusatkan di Jalan Kebayan, depan Hotel Tambora, Jumat (16/3) pagi.

Kasatlantas Polres Sumbawa, AKP Gusriyadi Abustan SH yang ditemui usai operasi mengatakan pemberian SIM Gratis ini sebagai bentuk apresiasi jajarannya terhadap pengendara yang dikategorikan “safety” dalam berkendara. “Ini bagian dari inovasi yang kami lakukan,” katanya.

Safety dimaksud, sebut Kasatlantas, pengendara itu mengenakan helm standar, membawa STNK, memiliki kelengkapan tekhnis dan lainnya sebagaimana yang dipersyaratkan aturan berlalulintas. Hanya pengendara itu tidak memiliki SIM. Ini sesuai criteria yang ditetapkan pihaknya dalam pemberian SIM Gratis. “Pengendara yang mendapat SIM gratis ini selain safety, juga cukup umur dan belum memiliki SIM,” ungkap AKP Gusriyadi.

Diakuinya, masih ada 7 lagi pengendara yang akan diberikan SIM gratis di sisa 10 hari pelaksanaan Operasi Keselamatan ini. Karena itu masih ada kesempatan bagi pengendara lain untuk mendapatkan keberuntungan yang sama. “Ini upaya kami untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang keselamatan diri dalam berkendara. Semoga masyarakat menjadi masyarakat yang tertib dan taat aturan,” ujarnya.

Sementara Ayu Sukma Utami mengaku tak menyangka mendapat SIM Gratis. Ia awalnya sempat terkejut adanya operasi tersebut karena belum mengantongi SIM. Saat dicegat dia pasrah. Tapi tak lama Ayu—demikian gadis cantik ini disapa, tersenyum gembira. Selain tidak ditilang, dia mendapatkan SIM gratis. “Alhamdulillah. Memang saya sudah berencana mengurus SIM tapi keduluan terjaring razia,” imbuhnya.

Herniwati juga demikian. Perawat yang hendak menghadiri acara PPNI seketika terkejut saat dicegat aparat di jalan. Dia langsung membayangkan akan mendapat sanksi tilang. Rupanya perkiraannya meleset, rasa takut berubah menjadi sukacita. “Saya tidak menyangka dapat SIM Gratis. Terima kasih pak polisi,” ucap gadis yang tinggal di Batu Alang Kecamatan Moyo Hulu ini. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Dibantai di Sawah, Seorang Petani Tewas Bersimbah Darah

SUMBAWA BESAR, SR (24/04/2018) Patacora (55) ditemukan tewas bersimbah darah di pematang sawah, Orong Tengah, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *