Home / Ekonomi / Sorga di Desa Nijang Diresmikan Wakil Bupati

Sorga di Desa Nijang Diresmikan Wakil Bupati

SUMBAWA BESAR, SR (07/02/2018)

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah meresmikan Sarana Olah Raga (Sorga) Desa Nijang Kecamatan Unter Iwis, Rabu (7/2) pagi. Peresmian ini ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti di Gedung Serbaguna Desa Nijang. Hadir di antaranya Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan, Anggota Forkopimda, para Kabag Setda Sumbawa, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Unter Iwes.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya meminta pemerintah dan masyarakat Desa Nijang untuk senantiasa menjaga, memelihara, merawat dan menghidupkan sorga desa tersebut dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat, agar hajat dari pembangunan sorga desa benar-benar dapat terwujud. “Saya tidak ingin mendengar bahwa pembangunan berbagai infrastruktur desa termasuk pembangunan Sorga Desa ini hanya berorientasi “proyek”, yang berkonotasi “duit” dan identik dengan motif mencari keuntungan atau tambahan income bagi pribadi atau kelompok-kelompok tertentu,” tegas Wabup.

Wabup juga menegaskan bahwa dalam merencanakan pembangunan, terutama pembangunan infrastruktur, agar tidak berpikir soal membangun gedung semata, tetapi harus dibarengi dengan langkah konkrit untuk memanfaatkan dan mengefektifkan keberadaan gedung tersebut agar relevan dengan tujuan awalnya yakni memenuhi kebutuhan masyarakat dan mempercepat pembangunan desa. Di antaranya dengan menyediakan berbagai fasilitas pendukung, mengusulkan kepengurusan untuk mengelola Sorga Desa, mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga di Sorga Desa, membuat liga-liga desa, atau bahkan bermitra dengan BUMDes untuk mengelola Sorga Desa, agar keberadaannya juga berdampak secara ekonomis bagi masyarakat desa serta dapat berkontribusi bagi peningkatan pendapatan asli desa, sehingga dapat menjadi pendongkrak kemajuan pemberdayaan dan perekonomian masyarakat.

Wabup berharap ke depan Desa Nijang dapat melakukan regenerasi atlet-atlet handal, sehingga Sumbawa Hebat dan Bermartabat bukan sekedar angan-angan dan slogan indah, tetapi benar-benar dapat terwujud dalam segala aspek pembangunan di Tana Samawa.

Sebelumnya Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Tata Kostara, S.Sos melaporkan bahwa pembangunan  Gedung Serba Guna tersebut berawal dari pengadaan tanah secara swadaya oleh masyarakat Desa Nijang seluas 19 are sebesar Rp 950 juta, juga termasuk untuk tanah Kantor Desa Nijang pada Tahun 2013. Selanjutnya dibangun pondasi gedung pada Tahun 2014 dari dana Bantuan Sosial dan Dana Aspirasi Anggota Dewan Ida Rahayu sebesar Rp 329 juta, dan pembangunan Gedung serba Guna dari dana APBDes/Dana Desa Rp 471.092.850 sehingga totalnya mencapai Rp 800.092.852.

Disampaikan pula bahwa terdapat 4 program prioritas Kementerian Daerah Tertinggal yaitu Prukades (Produk Unggulan Kawasan Pedesaan), pembangunan sarana penampungan air (Embung) untuk ketersediaan air, Revitalisasi Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) yang diperuntukkan bagi peningkatan kemandirian desa dan memperkuat perekonomian, serta menyediakan fasilitas olahraga. Keempat program prioritas tersebut pada dasarnya dihajatkan untuk akselerasi pembangunan desa, karena desa merupakan “etalase” pemerintahan, desa bersentuhan langsung dengan kepentingan, kebutuhan serta aspirasi masyarakat. (SR)

 

Lihat Juga

ASPATAKI Sumbawa Terbentuk Dorong Kualitas Pelayanan TKI

SUMBAWA BESAR, SR (22/02/2018) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Perusahaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (ASPATAKI) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *