Home / HukumKriminal / Sukses Besar !! Polres Sumbawa Ungkap 90,37 Gram Shabu

Sukses Besar !! Polres Sumbawa Ungkap 90,37 Gram Shabu

Sita Uang Rp 66 Juta 

SUMBAWA BESAR, SR (12/02/2018)

Ini menjadi pengungkapan terbesar sepanjang 2018 ini. Satres Narkoba Polres Sumbawa berhasil menyita sekitar 90,37 gram shabu atau kurang dari 9,63 gram menjadi 1 ons dalam penggerebekan yang dilakukan, Minggu (11/2) malam pukul 22.45 Wita. Selain itu tim yang dikomandani langsung Kasatres Narkoba, IPTU Mulyadi SH ini juga menyita uang hasil penjualan narkoba sebesar Rp 66 juta. Dalam pengungkapan tersebut, tim mengamankan dua orang berinisial KG alias Bob (23) warga Desa Lopok, dan EV (41) ibu rumah tangga asal Desa Berora Kecamatan Lopok. Sayangnya, pemilik barang haram, SUK—suami dari EV, berhasil kabur dan kini dalam pengejaran.

Kapolres Sumbawa, AKBP Yusuf Sutejo SIK MT dalam keterangan pers di ruang kerjanya, Senin (12/2) membenarkan keberhasilan anggotanya yang luar biasa. Pengungkapan terbesar untuk tahun ini bermula dari informasi masyarakat bahwa di Dusun Sampar Plam sering terjadi transaksi Narkoba. Anggota Satres Nakroba yang dipimpin Kasatnya meluncur ke lokasi. Kediaman pelaku dikepung. Dari celah jendela terlihat pelaku sedang memisahkan paket besar ke paket yang lebih ekonomis dan siap untuk diedarkan. Setelah memastikannya, tim melakukan penggerebekan dengan cara mendobrak pintu. SUK yang sempat saling dorong dengan anggota, berhasil kabur melalui pintu belakang langsung menghilang di semak belukar sekitar rumahnya. Sebagian anggota berusaha mengejar namun kehilangan jejak, selain medan yang sulit karena rumah pelaku berada di pinggir sawah juga kondisinya gelap gulita. Sebagian lainnya mengamankan dua orang, EV dan Bob yang berada di dalam rumah. Dalam penggeledahan ditemukan empat poket besar dan satu poket kecil narkotika jenis shabu seberat 90,37 gram dan uang tunai Rp 66 juta. Barang bukti lainnya adalah 1 pipa kaca, 3 buah sumbu, 6 bundel plastic klip warna bening, 7 pipet berbentuk skop, 8 korek gas, 2 HP merk Nokia dan Samsung, timbangan, 2 gunting, dan tas warna coklat. Selanjutnya dua orang yang diamankan ini digeladang ke Polres Sumbawa dan dilakukan tes urine di RSUD Sumbawa. Hasilnya salah satu positif mengandung amphetamine.

Untuk saat ini, ungkap Kapolres, pihaknya masih mendalami keterangan dan peran dua orang yang diamankan. Keterangan sementara, KG alias Bob mengaku mengetahui usaha pelaku SUK dan ikut membantu membeli plastik untuk kemasan ekonomis shabu sebelum diedarkan. Sedangkan EV—istri SUK diduga mengetahui aktivitas suaminya mengedarkan narkoba namun tidak melaporkannya kepada pihak kepolisian. “Kalau memang terbukti keduanya bisa dikenakan pasal 131 UU No. 35 Tahun 2009 dengan ancaman pidana 1 tahun penjara,” sebutnya.

Disinggung mengenai rekam jejak SUK, Kapolres mengatakan, sudah menjadi target operasi. Selama ini SUK memang diketahui sebagai pengedar narkoba namun sejauh ini belum pernah ditangkap atau di penjara. Karena itu timnya terus melakukan pengintaian didukung informasi dari masyarakat. Mengenai asal muasal barang dan siapa yang menyuplai, Kapolres mengaku belum mengetahuinya karena SUK masih dalam pencarian. Meski demikian belum ada indikasi ataupun bukti yang mengarah bahwa SUK memiliki keterkaitan dengan sejumlah pelaku narkoba yang tertangkap sebelumnya. Meski demikian SUK adalah pengedar besar. Dari informasi yang dihimpun, SUK memiliki sekitar 5 on shabu-shabu. Sebagian besar sudah berhasil dijual atau diedarkan. Sisanya 93,37 yang berhasil diungkap dan disita anggotanya. “Semoga SUK bisa kami tangkap agar jaringan dan bandarnya bisa terungkap,” demikian Kapolres. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Kejari Sumbawa Distribusi Bantuan ke Titik Gempa

SUMBAWA BESAR, SR (15/08/2018) Bantuan dari Kabupaten Sumbawa terus mengalir ke korban gempa di Pulau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *