Home / HukumKriminal / Giliran Kadislutkan dan Kabag Ekonomi Diperiksa Jaksa
Tim Jaksa Temukan Pengisian BBM Gunakan Drum di SPBU KM 3 Sumbawa

Giliran Kadislutkan dan Kabag Ekonomi Diperiksa Jaksa

SUMBAWA BESAR, SR (07/12/2017)

Setelah Kepala Pertamina Badas dan Boss SPBU KM 3 memenuhi panggilan pihak Kejaksaan Negeri Sumbawa, kini giliran dua pejabat daerah. Adalah Kabag Ekonomi Setda Sumbawa, Drs Irawan Subekti dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir Dirmawan menjalani pemeriksaan, Kamis (7/12) siang tadi. Pemeriksaan ini masih terkait kasus dugaan penyalahgunaan BBM Bersubsidi. Keduanya dimintai keterangan terkait kewenangannya dalam mengeluarkan surat rekomendasi BBM Bersubsidi. Kabag Ekonomi tidak terlalu lama berada di ruang penyidik kejaksaan, sebab sesuai tupoksinya tidak mempunyai kewenangan dalam mengeluarkan rekomendasi dan tidak ada tembusan yang diarahkan kepadanya. Selain itu, berdasarkan Peraturan Bupati, yang boleh mengeluarkan surat rekomendasi untuk pembelian BBM bersubsidi hanya 8 OPD dan 1 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Dicegat usai pemeriksaan, Kepala Dislutkan Kabupaten Sumbawa, Ir Dirmawan menjelaskan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, pihaknya mengeluarkan rekomendasi BBM bersubsidi bagi nelayan dan pembudidaya ikan. Meski demikian, pihaknya tidak mengeluarkan rekomedasi dalam skala besar. Misalnya pengusaha tambak, yang diberikan rekomendasi adalah yang memiliki luas lahan di bawah 5 hektar dan modal usahanya di bawah Rp 200 juta dengan nilai penjualan di bawah Rp 1 miliar.

Sementara Kajari Sumbawa melalui Kasi Intelijen, Erwin Indrapraja, SH MH mengakui pemeriksaan dua pejabat daerah tersebut. Sejauh ini pihaknya sudah meminta keterangan enam orang saksi dan telah menjadwalkan pemanggilan saksi-saksi lainnya. “Kami belum dapat memberikan hasil pemeriksaan ini, karena masih dalam tahap pengumpulan bukti data dan keterangan,” pungkasnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

Curi Ternak Betina Tertangkap Polisi, Satu Pelaku Anak-anak

SUMBAWA BESAR, SR (11/12/2017) Jajaran Polsek Labangka berhasil meringkus dua tersangka kasus pencurian ternak, Minggu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *